Mendikbud: PPDB Tahun Depan Tetap Pakai Sistem Zonasi

Sebarkan :

 

Mendikbud Muhadjir Effendi.

DepokRayanews.com- Meski banyak menuai kritik dan keluhan dari masyarakat, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memastikan tetap akan memberlakukan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis zonasi pada tahun 2020. Keluhan yang muncul dinilainya wajar karena ada perubahan sistem.

“Pasti lah tetap (dilanjutkan di tahun 2020). Keluhan biasa, namanya juga berubah kan,” ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/7/2019)

Ketika disinggung banyaknya sekolah yang belum siap untuk menerapkan sistem zonasi, Muhadjir kemudian menganalogikan ketika Indonesia merdeka, banyak yang belum siap menjalankan sistem pendidikan yang mandiri.

”Sistem zonasi digunakan untuk mempercepat kualitas pendidikan dan menyadarkan kepala daerah untuk memiliki tanggungjawab memajukan pendidikan di setiap daerah. Karena ada anggaran di sana. Jangan dibalik bagus dulu baru zonasi. Kalau sudah bagus ngapain ada zonasi. Kalau soal belum siap, waktu merdeka juga kita belum siap. Jadi kalau nunggu siap, kita tidak akan pernah siap,” kata dia. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah 21 Nama Calon Rektor Universitas Indonesia

DepokRayanews.com- Setelah melewati proses administrasi dan sebagainya, akhirnya panitia penjaringan dan penyaringan mengumumkan 21 nama ...