FIKes Keperawatan UPN Veteran Jakarta Sosialisasikan Penyakit Diabetes Mellitus kepada Lansia

Sebarkan :

 

Para lansia mendapat pengetahuan tentang penyakit diabetes mellitus.

DepokRayanews.com- Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi (Prodi) Keperawatan UPN Veteran Jakarta mengadakan sosialisasi tentang penyakit diabetes mellitus kepada puluhan lansia di wilayah Kecamatan Limo, Kota Depok. Kegiatan pengabdian masyarakat itu dilaksanakan selama sepekan yakni dari 15 Juli hingga 22 Juli 2019.

Tiga orang dosen langsung turun ke lapangan untuk berkomunikasi dengan lansia, yakni Diah Ratnawati, M.Kep,Sp, Kep.Kom, Ritanti, Mkep, Sp.Kep.Kom dan Chandra Triwahyudi, Skep, M.Kes. Para dosen itu dibantu 6 orang mahasiswa tingkat akhir program studi S1 Keperawatan.

Ketua penyelenggara, Diah Ratnawati mengatakan, kegiatan yang dilakukan selama sepekan itu, antara lain, penyuluhan kesehatan, pemeriksaan GDS, pemeriksaan sensitivitas kaki, kekuatan tonus otot, penilaian ankle brachialis index dan pelatihan keluarga sehat diabetes mellitus. Kegiatan itu diikuti 60 orang lansia dan keluarganya.

Menurut Diah, selama ini tidak semua lansia dan keluarganya memperoleh informasi yang cukup dan benar tentang kesehatan. ”Keterbatasan pengetahuan dan pemahaman ini dapat membawa lansia dan keluarga ke arah prilaku beresiko terhadap penyakit degenerative, salah satunya adalah diabetes mellitus,” kata Diah dalam keterangannya yang diterima depokrayanews.com, Senin (22/7/2019) malam.

Atas dasar pertimbangan itu, kata dia, FIKes Prodi Keperawatan UPN Veteran Jakarta sebagai kampus bela negara, ikut berperan aktif mendukung program pelayanan kesehatan dan kesejahteraan usia lanjut melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Dikatakan, fenomena permasalahan lansia saat ini masih menjadi perhatian dan perlu ditindaklanjuti dengan bijaksana, agar lansia di masa tuanya tetap sehat secara menyeluruh yaitu sehat secara fisik, mental, sosial dan religi. ”Pemahaman lansia dan keluarga akan kesehatan menjadi bekal lansia dan berprilaku sehat dan bertanggungjawab,” kata Diah.

Dengan adanya pelatihan itu, Diah berharap terbentuk perilaku sosial para lansia yang saling menghormati, berbagi pengalaman dan bekerjasama. Menurut Diah, para lansia dan keluarga tampak semangat selama mengikuti pelatihan sampai selesai. Hasil yang dicapai selama pelatihan, antara lain adanya peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan lansia dan keluarganya dalam penanganan penyakit diabetes mellitus, sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tahun 2020 Kota Depok Punya 126 Titik Kampung KB

DepokRayanews.com- Dinas Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, manargetkan tahun depan ...