Mahasiswa Ilmu Kesehatan Australia Pelajari Kebijakan Kesehatan di Kota Depok

Sebarkan :

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok menerima kunjungan 13 mahasiswa Australia.

DepokRayanews.com- Sebanyak 13 mahasiswa jurusan Ilmu Kesehatan dan Keperawatan University Technology of Sydney (UTS), Australia melakukan kunjungan selama 3 minggu di Kota Depok untuk mempelajari kebijakan kesehatan di kota itu.

Selama berkunjung ke Depok, mahasiswa UTS melihat pelayanan kesehatan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cimanggis dan Sawangan. Mereka juga terjun langsung ke masyarakat karena ingin melihat sistem kesehatan berbasis masyarakat di Kota Depok. Mereka juga berkunjung ke kampus Universitas Indonesia.

Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), Agus Setiawan mengatakan, setiap tahun selalu ada mahasiswa dari luar negeri yang datang ke UI. Dari UTS yang paling banyak hingga 13 mahasiswa. Selain itu, ada juga mahasiswa dari Jepang, Austria, dan Hongkong.

Setiap ada kunjungan mahasiswa luar negeri ke UI, kata Agus, pihaknya selalu bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terkait tata kelola kesehatan di daerah. Untuk itu, diharapkan dengan kerjasama ini bisa memberikan pembelajaran lebih untuk semua pihak. “Semoga ada yang bisa dipelajari juga dari para mahasiswa tersebut. Mudah-mudahan ke depannya ASN Pemkot Depok bisa memiliki kesempatan untuk belajar juga ke Australia,” kata dia.

Ketika menerima mahasiswa UTS, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita, menjelaskan bahwa kesehatan merupakan hak fundamental masyarakat, mulai dari kandungan, lahir, bayi, balita, hingga lanjut usia (lansia) membutuhkan kesehatan. Karena hal itu Pemerintah Kota Depok mempunyai kewajiban untuk memberi pelayanan kesehatan sebagai urusan wajib dasar.

Menurut Nova, kebijakan kesehatan masyarakat di Depok tidak lepas dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Karena itu, semua kegiatan kesehatan mengarah pada Germas. Diantaranya yang terkait dengan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, menghindari asap rokok, menghindari alkohol, melakukan cek kesehatan secara rutin, menjaga kebersihan lingkungan, hingga sanitasi yang sehat.

“Kami juga ada strategi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) dengan melakukan pendataan ke tiap keluarga di Depok. Dari pendataan tersebut, kita melihat apa saja temuan yang temukan harus ditindaklanjuti untuk masyarakat,” kata dia. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BJ Habibie Pernah Alami Kebocoran Klep Jantung, Ini Gejala dan Penyebabnya

DepokRayanews.com- 0Duka sedang dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia atas meninggalnya Presiden Ketiga RI Bacharuddin Jusuf ...