Depok Kini Punya Alat Pemantau Pencemaran Udara

Sebarkan :

 

Uji emisi salah satu cara mengantisipasi polusi udara.

DepokRayanews.com- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok kini punya alat deteksi kualitas udara bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Alat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) itu dipasang di median jalan seberang Balai Kota dan Polres Kota Depok.

”Kini masyarakat bisa melihat langsung level kadar udara di lokasi tersebut, apakah masih baik atau sudah menurun,” kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Penaatan Lingkungan DLHK Kota Depok, Bambang Supoyo, Selasa (23/07/2019).

Menurut Bambang, alat ini dapat mendeteksi hingga radius 5 km. Alat tersebut bisa menjelaskan secara keseluruhan kualitas udara di Kota Depok. “Kalau mau masuk musim kemarau, terlihat kualitas udara Depok agak menurun, itu bisa jadi salah satu faktor,” kata dia.

Untuk menekan pencemaran udara, DLHK Kota Depok sering melakukan uji emisi kendaraan roda empat. Rata-rata dari 100 mobil yang diuji emisi, sekitar 2-3 kendaraan tidak lolos uji emisi.

“Kami imbau kepada seluruh pemilik kendaraan untuk rajin merawat dan rutin melakukan servis kendaraannya, sebab polusi yang keluar dari mobil merupakan penyumbang besar polusi udara,” kata Bambang. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PDAM Tirta Asasta Depok Berikan Penghargaan kepada Pelanggan

DepokRayanews.com- Dalam upaya meningkatkan pelayanan air baku bersih siap minum, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ...