Bendera Merah Putih Sepanjang 750 Meter ada di Kelurahan Cinangka, Depok

Sebarkan :

 

Merah putih terpanjang di Depok.

DepokRayanews.com- Suasana perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 47 sudah mulai terasa di sejumlah wilayah di Kota Depok. Ada yang mulai menggelar pertandingan olahraga, ada pula yang sudah memasang bendera merah putih.

Yang menarik, di Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, kini sudah terpasang bendera merah putih sepanjang 750 meter. Bendera itu dipasang di lingkungan RW 03, Kelurahan Cinangka. Yakni dari Kampung Kebon sampai depan Jalan Pendidikan.

”Ini buah hasil gotongroyong dan kebersamaan warga RW 03,” kata Ketua RW 03, Kelurahan Cinangka, Munawar, Minggu (4/8/2019). Menurut Nawang, bendera itu dipasang bersama-sama oleh pemuda setempat.

Ini merupakan bendera merah putih terpanjang di Kota Depok dan masuk 10 besar bendera terpanjang di Indonesia. Menurut catatan depokrayanews.com, bendera terpanjang di Indonesia pernah dipasang masyarakat Kota Banjar Tahun 2018 sepanjang 3,3 km di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Bendera terpanjang ini kemudian mendapat penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI).

Rekor MURI sebelumnya dicetak di Ambon, Provinsi Maluku. Masyarakat setempat pada Tahun 2017, berhasil membentangkan bendera meraih putih sepanjang 2.017 meter. Sementara pada Tahun 2019, sejauh ini bendera terpanjang baru dipasang di Muara Bungo, Jambi sepanjang 1.000 meter.

Catatan lain, bendera panjang juga pernah dipasang pada Tahun 2017 di Pantai Pandawa Badung Selatan, Bali. Ketika itu dipasang bendera selebar 4 meter, dengan panjang 400 meter dan dibentangkan di dinding tebing pantai oleh gabungan polisi, Tim SAR dan warga.

Aksi pembentangan bendera merah putih terpanjang yang melibatkan ribuan orang ini berhasil memecahkan rekor dunia, melalui Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), karena benderanya sangat lebar. Rata-rata bendera merah putih yang panjang, lebarnya hanya 2 meter. Kemudian bendera merah putih sepanjang 500 meter pernah dipasang di kawasan Tugu Menara Pekojan, Jakarta Barat. (red)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bikin Paspor Kini Bisa di Mall Depok Town Square

Depokrayanews.com- Kini masyarakat Kota Depok yang hendak bikin paspor tidak perlu antri di kantor Imigrasi ...