10 Menteri Ini Dinilai Layak Dipertahankan Presiden Joko Widodo

Sebarkan :

 

Menlu Retno P. Marsudi

DepokRayanews.com- Ketika ditanya wartawan, beberapa kali Prsiden Joko Widodo mengatakan akan mempertahankan sejumlah figur sebagai menteri kabinet baru periode kedua kepemimpinannya. ”Banyak, banyak yang bertahan,” kata Jokowi.

Lalu siapa saja figur yang akan bertahan sebagai menterinya Jokowi? Bila melihat dari kinerja para menteri itu selama ini, paling tidak ada 9 menteri yang diperkirakan masih bertahan membantu Presiden Jokowi. Siapa saja mereka ?

Saat ini, dukungan publik yang beredar melalui media sosial, sangat mengagumi sosok Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan), dalam berbagai pendapat publid di medsos, wanita asal Pangandaran itu layak dipertahankan di kabinet.

1.Sri Mulyani Indrawati:
Perempuan cerdas yang kini menjadi Menteri Keuangan. Mantan Direktur Bank Dunia itu dianggap layak dan pantas menempati posisinya.

2. Susi Pudjiastuti:
Ketika menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, SUsi dianggap sangat berani melakukan terobosa, termasuk bersikap tegas terhadap kapal-kapal asing. Gayanya yang ‘nyentrik’ dan blak-blakan, banyak menarik simpatik dari masyarakat.

Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti

3. Retno P. Marsudi:
Menteri yang satu ini tergolong cekatan dalam menangani dan merespon kasus yang menyangkut kepentingan Indonesia di mata dunia, termasuk Bangsa Indonesia yang mengalami permasalahan di luar negeri. Reno Marsudi yang tercatat sebagai wanita Indonesia pertama yang menempati pos Menteri Luar Negeri. Ia juga dekat dengan Jokowi, karena satu almamater di UGM.

4. Basuki Hadimuljono:
Pembangunan infrastruktur besar-besaran di era Presiden Jokowi, eksekusitor utamanya adalah Basuki Hadimiljono. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini disebut-sebut sebagai Panglima Infrastruktur.

5. Ignasius Jonan:
Jonan sudah beberapa kali menempati pos menteri, kini Menteri ESDM. Jonan berkinerja bagus sejak jadi Dirut PT KAI, lantas jadi Menteri Perhubungan, meski tak mengkilap. Saat Jokowi melakukan reshuffle kabinet, Jonan diangkat lagi untuk posisi Menteri ESDM.
Nama Jonan kemudian meroket lagi karena keberhasilan Indonesia merebut 51 persen saham PT Freeport, yang sangat dibanggakan Jokowi. Keberhasilan ini tak lepas dari jurus-jurus Jonan.

6. Arif Yahya:
Menteri Pariwisata ini sempat menunjukan prestasi gemilang dengan target pendapatan negara dari sektor pariwisata melonjak tajam, bahkan menggeser posisi pendapatan dari sektor migas. Tapi belakangan namanya meredup, karena dampak harga tiket yang mahal. Mantan Dirut Tekomsel ini berusaha membuat destinasi utama baru selain Jakarta dan Bali. Arif dinilai sangat ditel memetakan masalah pariwisata mulai dari toilet hingga promosi pariwisata di pasar Internasional.

Arief Yahya Menteri Pariwisata.

7. Budi Karya Sumadi:
Menteri Perhubungan ini tergolong sosok pekerja keras. Selama menjadi Menteri Perhubungan, ada satu sandungan besar yakni ketika menangani harga tiket yang mahal, Budi dianggap tidak berhasil. Tapi di bidang lain, Budi dianggap sangat berhasil seperti menangani angkutan mudik lebaran, tol laut, MRT, dan perkeretapian.

8. Airlangga Hartarto:
Sosok yang tenang ini berhasil membuat terobosan sebagai Menteri Perindustrian. Airlangga piawai menjalin kerjasama yang diam-diam menghanyutkan. Misalnya soal teknologi 4.O, mobil listrik dan beberapa bidang lain. Airlangga juga terkesan mendapat perlakuan khusus dari Presiden Joko Widodo, karena satu-satunya menteri yang merangkap jabatan sebagai Ketua Umum Partai, yakni Partai Golkar.

9. Rudiantara:
Menteri Komunikasi dan Informatika ini dikenal sangat jago melobi dalam kaitan pelaksanan kebijakannya. Ketika Pilpres 2019, Rudiantara melakukan kebijakan yang tidak populer yakni membatasi media sosial, tapi ternyata efektif meredam konflik yang memanas ketika itu. Rudi dikenal sangat tegas termasuk dengan perusahaan asing.

10. Syafruddin:
Mantan Wakapolri ini meskipun belakangan bergabung sebagai salah satu menteri di Kabinet Kerja Jokowi, tapi prestasinya sudah kelihatan. Mulai dari sistem rekrutmen calon ASN sampai membuat sistem penegakan disiplin dan jenjang karir. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

28 Walikota Berkumpul di Bogor Bahas Tantangan Pembangunan Perkotaan

DepokRayanews.com- Sekitar 28 kepala daerah di seluruh Indonesia akan mengikuti Mayor Caucus 2019 yang digelar ...