Tak Perlu Antri, Urus JKN-KIS Bisa Melalui Mobile JKN

Sebarkan :

 

Mengurus JKN-KIS kini sangat mudah karena bisa menggunakan Mobile-JKN.

DepokRayanews.com- Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, BPJS Kesehatan juga mengembangkan aplikasi guna memudahkan masyarakat bernama Mobile JKN. Aplikasi yang dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore tersebut, disinyalir akan memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat terutama para peserta JKN-KIS. Mulai dari memperoleh informasi tentang JKN-KIS hingga memperoleh pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok Irfan Qadarusman mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut sebenarnya sudah ada sejak tahun 2017. Kendati demikian, hingga saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi agar semua masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi tersebut.

“Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari aplikasi Mobile JKN. Mulai dari mendaftar sebagai peserta, mengecek tagihan, mengganti faskes tingkat pertama, menyampaikan saran atau keluhan terkait pelayanan yang diterima, mengubah data diri, hingga memperoleh pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dengan menggunakan KIS Digital yang ada di aplikasi Mobile JKN,” ujar Irfan.

Irfan mengungkapkan bahwa saat ini di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok juga telah dibuka anjungan Mobile JKN yang berfungsi untuk membantu peserta mengunduh dan memperoleh informasi tentang aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, pada anjungan Mobile JKN tersebut, peserta diajari tentang bagaimana cara penggunaan aplikasi Mobile JKN hingga manfaat yang dapat diperoleh dari aplikasi tersebut.

Irfan mengklaim bahwa sejak adanya anjungan Mobile JKN tersebut, maka pengguna aplikasi Mobile JKN di Kota Depok meningkat dan berdampak pada pelayanan yang semakin bagus di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok. Hal itu dapat dilihat dari data pelayanan yang menunjukkan bahwa peserta yang berkunjung, kini sudah tidak menunggu terlalu lama karena masalah antrian.

“Untuk hal-hal yang bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN, maka kami arahkan pesertanya ke anjungan Mobile JKN. Dengan harapan peserta tersebut paham tentang kegunaan aplikasi tersebut. Sehingga kedepannya tidak perlu repot ke kantor dan mengantri. Jadi bisa menghemat waktu, biaya, dan tenaga,” ujar Irfan.

Sementara itu peserta JKN-KIS yang berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok, Septiani Elurida Uly mengungkapkan bahwa hadirnya aplikasi Mobile JKN membuat ia tidak perlu mengantri dan menunggu cukup lama. Urusannya dapat diselesaikan dalam sekejap dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN.

“Saya diarahkan oleh petugas BPJS Kesehatan untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN. Ternyata sangat bagus dan semua masalah saya dapat diatasi. Aplikasinya sangat simple dan mudah digunakan, juga sangat informatif. Padahal saya izin ke kantor setengah hari untuk mengurus JKN-KIS saya, tapi ternyata tidak sampai 10 menit sudah selesai,” ujar Septiani.(DT/mr)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Merokok 1 Bungkus per Hari Sama dengan Memakan 1 Kg Telur

Depokrayanews.com- Peneliti senior Puslit Badan Keahlian DPR-RI, DR Rohani Budi Prihatin benar-benar prihatin melihat prilaku ...