Tipu 200 Calon Jemaah Umrah, Polresta Depok Tangkap Pemilik DAMTour

Sebarkan :

 

Kapolresta Depok, AKBP Azis Andriansyah

DepokRayanews.com- Lagi, kasus travel haji dan umrah bodong terkuak di Depok. Kasus First Travel belum tuntas habis, kini mucul PT DAMTour yang diduga telah menipu sekitar 200 calon jemaah umrah. Modusnya, perusahaan itu menawarkan paket umrah dengan harga miring, tapi begitu dana sudah disetorkan, jadwal keberangkatan tidak jelas.

Atas laporan yang masuk, polisi berhasil menangkap Hambali Abbas sang direktur perusahaan itu di Jalan Tole Iskandar, Kota Depok. ”Kami telah berhasil menangkap Direktur PT DAMTour atas nama Hambali Abbas,” kata Kapolresta Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Azis Andriansyah kepada wartawan, Senin (16/9/2019).

Menurut Azis, data sementara ada 200 calon jemaah yang menjadi korban penipuan. Korban berasal dari 15 daerah yakni dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Padang, Palembang, Indramayu, Kuningan, Kebumen, Ciamis, Brebes, Surabaya, Lampung dan Madura. Diantara korban, ada yang sudah mendaftar sejak tahun 2011, namun hingga 2018 tidak juga berangkat.

Harga yang ditawarkan PT DAMTour mulai dari harga Rp 11 juta hingga Rp 25 juta, yang bisa dibayar secara mencicil atau tunai. Total dana yang sudah dikumpulkan perusahaan umrah haji itu mencapai Rp 4 miliar. Menurut Azis, seharusnya para jemaah bisa berangkat pada tahun 2018, namun pada Februari 2018, pemilik PT. DAMTour malah menutup kantor yang terletak di Jalan Tole Iskandar No.6-7 Kec. Cilodong Kota Depok dan melarikan diri.

Pelaku, kata Azis, dijerat dengan pasal 378 KHUP dan atau 372 KHUP tentang penipuan dan atau penggelapan dengan ancaman pidana penjara maksimal 10 tahun. (ris)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wapres Berharap Sertifikat Halal Tidak Membebani UKM

DepokRayanews.com- Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap konsep sertifikasi halal di bawah wewenang Badan Penyelenggara Jaminan ...