Setu Sawangan Bojong Sari akan Disulap Seperti Setu Babakan Jakarta Selatan

Sebarkan :

 

Sejumlah alat berat sedang bekerja di Setu Sawangan Bojong Sari.

DepokRayanews.com- Setu Sawangan Bojongsari Depok, Kelurahan Sawangan-Kecamatan Sawangan dan Kelurahan Bojong Sari -Kecamatan Bojong Sari akan dijadikan destinasi wisata seperti Setu Babakan di Jakarta Selatan.

Di sana akan dibangun fasilitas umum seperti jogging track, taman untuk bersantai keluarga, lampu penerangan dan beberapa fasilitas lain yang bermanfaat. Saat ini, sejumlah alat berat mulai bekerja untuk membuat jogging track. Begitu juga dengan normalisasi setu. Dengan demikian, masyarakat bisa menikmati wisata air termasuk berjalan kaki mengelilingi setu.

”Tujuan dari normalisasi setu ini agar masyarakat dapat menikmati dan melakukan kegiatan aktifitas rekreasi di areal setu,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Denny Setiawan.

Kapala Seksi Operasional dan pemeliharan SDA Dinas PUPR Kota Depok, Bahtiar Ardiansyah menambahkan ada dua pekerjaan yang akan dilaksanakan di Setu Sawangan Bojong Sari. Tapi pada tahap awal, fokus pada normalisasi dan jogging track.

Normalisasi adalah untuk memaksimalkan daya tampung air di sekitar setu, agar masyarakat sekitar tidak mengalami kebanjiran saat musin hujan datang. Begitu juga sebaliknya, debit air setu tidak berkurang di saat kemarau sehingga biota air tetap terjaga.

Dengan selesainya normalisasi, Bahtiar berharap kondisi setu terjaga, tidak ada lagi gulma sehingga masyarakat benar-benar bisa menikmati keindahan setu. “Jika setunya bersih tentu masyarakat sekitar akan menjadi lebih nyaman berada di sekeliling setu dan untuk mencapai tujuan itu peran serta dari masyarakat sangat diperlukan,” kata Bahtiar .

Seperti Diketahui, Sebagai resapan air dan untuk mengantisipasi penanganan banjir diwilayah Jakarta, ditahun 2019 Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menormalisasi tiga setu sebesar Rp 24 miliar yakni Setu Sawangan Bojong Sari, Setu Rawa Besar dan Setu Pladen. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anggota Komplotan Pencuri Sepeda Motor Ditembak Polisi

DepokRayanews.com- Polisi akhirnya berhasil melumpuhkan Anwar, salah satu dari komplotan spesialis pencurian sepeda motor di ...