Merokok 1 Bungkus per Hari Sama dengan Memakan 1 Kg Telur

Sebarkan :

 

Pemkot Depok terus menggalakan program kawasan tanpa rokok.

Depokrayanews.com- Peneliti senior Puslit Badan Keahlian DPR-RI, DR Rohani Budi Prihatin benar-benar prihatin melihat prilaku masyarakat Indonesia mengkonsumsi rokok yang tidak berubah. Bahkan cenderung meningkat setiap tahun.

Bahkan berdasarkan data BPS, kata dia, rokok adalah pengeluaran nomor 2 setelah beras. ”Coba lihat data pengeluaran keluarga berdasarkan data BPS. Rokok adalah pengeluaran kedua, setelah beras,” kata dia padan simposium penguatan jaringan pengendalian tembakau di Kota Depok yang diselenggarakan Promkes Dinas Kesehatan Kota Depok, Rabu (6/11/2019).

Dengan demikian, kata di, Indonesia adalah konsumen rokok terbesar di dunia. Rata-rata konsumsi rokok per orang di Indonesia mencapai 1,5 bungkus per hari. Padahal harga rokok setara dengan harga 1 kilogram telur. ”Jadi yang menghabiskan 1 bungkus rokok per hari, artinya, dia telah memakan telur 1 kilogram per hari,” kata Budi.

Kalau uang untuk membeli rokok itu dibelikan 1 kilogram telur akan berdampak kesehatan yang baik, gizi anggota keluarga meningkat. Padahal pada rokok, tidak ada manfaat kesehatan sama sekali. Di sana, tidak ada vitamin sama sekali, tidak ada kalori sama sekali. ”Rokok adalah racun kesehatan yang paling murah dan dijual secara bebas,” kata Budi.

Menurut Budi, pemerintah tidak melarang masyarakat merokok, tapi silakan merokok di tempat yang sudah disediakan. Dia kemudian menyebut hasil riset tentang respon masyarakat ketika melihat ada yang merokok di tempat bebas. Yakni 24 persen hanya diam. Kemudian 29 persen hanya sekedar menutup hidang. Sebesar 19,5 persen pura-pura batuk, hanya 17 persen yang mau menegur dan 9,76 persen marah-marah. (red)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

41 Pelajar dan Guru SMPN 20 Depok Kena Hepatitis A

DepokRayanews.com- Penyakit infeksi pada hati atau Hepatitis A yang melanda guru dan pelajar SMPN 20 ...