Gejala dan Cara Atasi Penyakit Hepatitis A pada Anak

Sebarkan :

 

dr. Farabi El Fouz, SpA.M.Kes, dokter spesialis anak RS Bunda Margonda Kota Depok.

DepokRayanews.com- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah mengonfirmasi bahwa penyakit Hepatitis A menyerang siswa dan guru di SMP Negeri 20 Kota Depok, dalam beberapa hari terakhir. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV) yang bisa ditularkan melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi.

“Dilaporkan hasil klarifikasi ke pengelola program hepatitis dan penyakit infeksi saluran kencing Dinkes Depok, didapatkan keterangan bahwa kejadian tersebut benar. Jadi benar, setelah diklarifikasi,” ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, akhir pekan lalu.

Itulah alasan kita perlu waspada. Perhatikan selalu dan tanggaplah bila tampak ada gejala penyakit Hepatitis A pada si kecil maupun anggota keluarga lainnya.

Apa saja gejalanya?

Penderita akan mengalami demam, badan lemah dan lesu, tidak nafsu makan, nyeri pada sendi dan otot, hingga pencernaan terganggu. Selain mengetahui gejala penyakit Hepatitis A, tentu saja, kita perlu memahami cara mengatasinya.

Menurut dokter spesialis anak di RS Bunda Margonda, Depok, dr. Farabi El Fouz Arafiq. SpA, MKes, penyakit Hepatitis A perlu diatasi dengan pemberian perawatan yang suportif bagi anak yang sudah terkena. Apa maksudnya?

“Makan cukup, tidur cukup, apabila tidak nafsu makan dan kekurangan cairan, kita beri cairan lewat infus di RS. Apabila masih bisa dirawat di rumah, ya dirawat dirumah (rawat jalan), juga memberikan obat-obatan yang mendukung hatinya agar terjaga dengan baik, kemudian pasien melakukan diet khusus yang berhubungan dengan penyakit hepatitis A. Jadi, tidak perlu panik, tidak perlu antibiotik, tidak perlu anti virus, dan hal lain kecuali adanya penyulit,” kata dia.

Ini karena meski hepatitis A diakibatkan virus, tapi bisa sembuh sendiri, Bukan cuma hepatitis A, tapi memang ada beberapa penyakit lainnya (yang diakibatkan virus dan bisa sembuh sendiri) pula.

Menurut Farabi, bagi anak yang sudah terkena (hepatitis A), maka harus diisolasi. Tahap-tahap isolasinya pun mesti dikonsultasikan dengan dokter setempat. “Jadi kalau ditemui ada anak yang demam, tak nafsu makan, sakit perut, sklera matanya menguning, segera bawa ke dokter,” tegasnya. (kumparan)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Depok Kebagian Rp 900 Miliar dari Pemprov Jawa Barat

DepokRayanews.com- Kota Depok kebagian jatah Rp 900 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ...