by

26 Perwira Tinggi Polri Naik Pangkat, 20 Diantaranya Jenderal Baru

Depokrayanews.com- Sebanyak 26 orang perwira tinggi (pati) Polri mendapat kenaikan pangkat yakni 6 orang naik pangkat dari Brigadir Jenderal (Brigjen) menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) dan 20 pati dilantik menjadi Brigjen

Upacara kenaikan pangkat terhadap 26 Pati itu dilaksanakan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta pada Selasa 10 Agustus 2021.

“Dimana 6 orang dari brigjen ke irjen pol, kemudian juga ada 20 brigjen polisi yang dilakukan pelantikan,” kata Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono kepada wartawan, Selasa (10/8).

Dalam kenaikan pangkat itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik Irjen Wahyu Widada sebagai Asisten Kapolri bidang SDM yang baru. Sebelumnya, Widada menjabat sebagai Kapolda Aceh.

Kapolri juga melantik Irjen Slamet Uliandi sebagai Kepala Divisi TIK Polri yang baru. Dia mendapat promosi dari jabatannya sebagai Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri yang sebelumnya berpangkat Brigjen.

Kemudian, terdapat juga beberapa perwira kepolisian yang ditempatkan di luar struktur Polri.

“As SDM Kapolri ini dijabat oleh Irjen Pol Wahyu Widada yang kemarin menjadi Kapolda Aceh dan yang bersangkutan merupakan lulusan terbaik angkatan 91. Tentunya ini menjadi suatu kebijakan Bapak Kapolri yang mempunyai prestasi, dedikasi nantinya bisa untuk mengembangkan organisasi,” kata Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono kepada wartawan, Selasa 10 Agustus 2021.

Listyo, kata Argo, berharap agar pelantikan dan kenaikan pangkat itu dapat menjadi regenerasi organisasi Polri dalam melakukan tugas pokoknya.

Dia meminta agar jajaran kepolisian di kewilayahan dapat membantu pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Listyo merotasi 504 perwira kepolisian di lingkungan Korps Bhayangkara. Tercatat beberapa jenderal kepolisian yang akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat.

Misalnya, Irjen Sutrisno Yudhi Hermawan yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Kapolri bidang SDM kini dimutasi sebagai Pati SSDM Polri dalam rangka pensiun. Jabatannya itu kemudian diisi oleh Wahyu Widada.

Berikutnya, Irjen Ricky Francois Wakanno yang menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri akan segera pensiun. Posisinya kini digantikan oleh Brigjen Roycke Harry Langie yang sebelumnya merupakan Analis Kebijakan Utama bidang Pidum Bareskrim Polri.

Selain Pati Polri, Listyo juga merotasi jabatan Kapolres di beberapa Polda jajaran. Beberapa diantaranya mendapat promosi menjadi jenderal bintang satu.

Misalnya, Kapolrestabes Surabaya, Johnny Eddizon Isir yang kini akan menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Utara. Dia digantikan oleh Kombes Akhmad Yuseph Gunawan yang sebelumnya bertugas sebagai Kabagrenmin Divkum Polri. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *