by

27 Negara Termasuk Inggris dan Amerika akan Kirim Bantuan Militer dan Medis ke Ukraina

DEPOKRAYANEWS.COM- Sebanyak 27 negara, termasuk Inggris dan Amerika Serikat disebut akan mengirimkan bantuan militer, suplai medis, dan senjata ke Ukraina.

Mengutip Sky News, kabar ini diketahui setelah Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace mengorganisasikan pertemuan donor bantuan militer ini pada Jumat 25 Februari 2022 waktu setempat.

Sebanyak 25 negara mengikuti pertemuan virtual tersebut. Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) juga ikut menghadiri konferensi ini.

Meski demikian, ada dua negara yang tak dapat menghadiri pertemuan ini, tetapi menyatakan secara terpisah bahwa mereka bakal mendukung donasi tersebut.

Beberapa barang yang akan dikirimkan ke Ukraina antara lain amunisi, senjata anti-udara, senjata anti-tank, dan sejumlah suplai medis.

Sementara itu, sudah ada dua negara yang disebut tengah memberikan bantuan militer ke Ukraina, yakni Polandia dan Prancis.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengabarkan negaranya telah mendapatkan bantuan dari Prancis. Bantuan itu kini sedang bergerak menuju wilayahnya.

“Hari baru di garis depan diplomasi dimulai dengan pembicaraan dengan [Presiden Prancis] @EmmanuelMacron,” tulis Zelensky dalam sebuah pernyataan Twitter, Sabtu 26 Februari 2022.

“Senjata dan peralatan dari mitra kami telah bergerak menuju Ukraina. Koalisi anti-perang berjalan!” lanjutnya.

Walaupun demikian, Zelensky tak merinci bantuan apa yang diberikan Prancis ini.

Di sisi lain, Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Błaszczak mengatakan negaranya sudah mengirimkan satu konvoi amunisi ke Ukraina.

“Satu konvoi amunisi yang kami berikan ke Ukraina telah sampai ke tetangga kami. Kami mendukung Ukraina, menunjukkan solidaritas, dan menolak dengan tegas agresi Rusia,” kicau Błaszczak dalam akun Twitter-nya, Sabtu 26 Februari 2022.

Bantuan militer menjadi salah satu hal yang diperlukan Ukraina dalam mengatasi invasi Rusia yang semakin ganas. Rusia mulai menyerang ibu kota Kiev pada Sabtu 26 Februari 2022, membuat warga harus bersembunyi agar tak terkena pecahan peluru.

Sumber:cnnindonesia

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *