30 Destinasi Kuliner Pilihan di Kota Depok

Sebarkan :

 
Kuliner

Depok kini menjadi kawasan kuliner.

Depokrayanews.com- Kota Depok akhir-akhir ini berkembang menjadi kota kuliner. Mau cari makanan apa saja, hampir semua ada, mulai dari kuliner kaki lima sampai restoran mentereng. Tapi yang paling ramai dikunjungi adalah tempat kuliner kelas menengah ke bawah. Maklum Depok adalah kota pelajar, di sini banyak sekali mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi ternama, seperti Universitas Indonesia dan Guna Dharma. Berikut kami sajikan 30 tempat kuliner pilihan di Kota Depok:

1. Takarajima

Untuk kamu pecinta sushi yang mencari harga yang murah meriah tetapi dengan kualitas yang baik, Takarajima adalah salah satu restoran yang mesti kamu coba yaitu Takarajima. Selain sushi yang menjadi menu andalannya, takarajima juga menyediakan aneka masakan jepang seperti bento, miso, aneka chicken katsu, sashimi, onigiri, udon, ramen, gyouza dan gurita rebus. Meskipun memodifikasi makanannya dengan lidah orang Indonesia, takarajima tetap mempertahankan kesegaran makanan seperti ikan dan sayuran yang membuat rasanya semakin lezat. Harga menu makanan di Takarajima berkisar antara Rp.16.000-Rp.77.000 Sementara Paket Sushi platter berkisar antara Rp.175.000-Rp.450.000.
Alamat Takarajima : Jalan Margonda Raya 521D, Depok.

2. Burg’ O.

Burg’O mengusung tema makanan Japanese Western. Jadi, kamu bisa menemukan menu western pada umumnya dan tambahan japanese food seperti Beef Japan Burger atau Hamburg Bento dan aneka macam Hamburg yang menjadi menu andalannya. Dilengkapi dengan area parkir yang luas dan tempat yang terbagi dalam tiga kategori yang bisa dipilih menjadikan Burg’O menjadi salah satu pilihan untuk kumpul keluarga atau teman untuk bersantap bersama. Harga menu Burg’O berkisar antara Rp.16.000-Rp.56.000.
Alamat Burg’O : Jalan Siliwangi No.09,Pancoran Mas, Depok.

3. Fat Bubble.

Fat Bubble sendiri sebenarnya tidak hanya berada di kota Depok tetapi juga di Bintaro dan Tebet. Fat Bubble sendiri menyajikan menu-menu bowl dessert, snack dan drinks. Fat Bubble selalu penuh dengan antrian pelanggan yang kebanyakan anak muda. Selain karena tempat yang asik dengan interior yang unik juga cute, Fat Bubble menyediakan aneka bowl dessert khas taiwan dengan variasi unik dan tentu menarik. Harga menu di Fat Bubble berkisar antara Rp.17.000-Rp.26.000 dengan tambahan topping Rp.3.000-Rp7.000. Sementara Bowl Dessert berkisar Rp.30.000.
Alamat Fat Bubble : Jalan Margonda Raya No.238B-C, Depok.

4. Cafe Hello Bingsu.

Berbeda dengan kafe yang menyajikan menu korean food, cafe hello bingsu menyediakan makanan-makanan berupa dessert, snack dan aneka minuman juga spesialisasi berupa Bingsu, yaitu makanan penutup khas korea berupa es kacang merah dengan berbagai macam variasi seperti Choco Bingsu, Fruit Bingsu atau Oreo Bingsu. Di Cafe Hello Bingsu ini, kamu bisa merasakan suasana yang cozy dan homey. Terlihat dari penataan dan furniture yang digunakan didominasi dengan kayu dan kesan minimalis. Harga makanan dan minuman di Cafe Hello Bingsu berkisar antara Rp.7.000 – Rp.35.000.
Alamat Cafe Hello Bingsu : Jalan Margonda Raya No. 468B. Depok.

5. Daebak Fan Cafe.

Kamu yang K-Poper harus coba tempat makan yang satu ini. Tidak hanya mengusung sajian korean food pada menunya, di Daebak Fan Cafe kamu akan dimanjakan dengan berbagai poster idol korea dan video klip para artis korea juga menu-menu makanan yang berhubungan dengan K-Pop Idol. Meskipun masakan korea aslinya terkenal hambar, jangan khawatir, disini masakan korea sudah disesuaikan dengan lidah Indonesia. Harga makanan di Daebak Fan Cafe mulai dari Rp.11.000 – Rp.42.000.
Alamat Daebak Fan Cafe : Jalan Margonda Raya No. 239. Depok.

6. Saung Talaga.

Dinamakan saung talaga karena tempat makan ini berada dekat talaga atau danau dan tempat makannya sendiri berupa saung atau pendopo terapung, menjadikan tempat makan ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka makan di tempat yang rimbun dengan pepohonan dan berudara sejuk. Serunya, disini kamu bisa menyewa perahu yang bisa digunakan untuk mengitari danau atau sekedar memberi makan ikan-ikan yang berenang di sekitaran saung. Makanan disini disediakan khas menu masakan sunda seperti sayur asam, empal goreng, aneka pepes, tahu dan tempe, dan masih banyak lagi. Harga makanan di Saung Talaga berkisar antara Rp.4.000-Rp.20.000.
Alamat Saung Talaga : Jalan Raya Sawangan No. 1. Depok.

7. Warung Pasta.

Warung pasta mempunyai spesialisasi makanan atau masakan italia seperti pizza, pasta, salad, ravioli, soup dengan harga yang ekonomis. Tersedia juga aneka desert, western dan asian food jika kamu tidak suka makanan italia atau pasta. Jangan khawatir porsi kamu kelebihan atau kekurangan karena ada tiga macam ukuran porsi yang bisa kamu pilih sesuai selera kamu yaitu small, medium dan regular. Warung pasta (WarPas) adalah salah satu tempat favorit untuk sekedar kumpul dan nongkrong anak muda karena tempatnya yang cozy dan disediakan charger hp gratis plus kunci yang disediakan oleh pengelola sehingga membuat tempat ini selalu ramai pengunjung terutama akhir pekan. Harga makanan di Warung Pasta mulai Rp.16.000-Rp.34.000.
Alamat Warung Pasta : Jalan Margonda Raya No. 518. Depok.

8. Whats Up.

“The Next Level of Indomie” adalah jargon yang diusung oleh kafe ini. Terdapat olahan unik Indomie seperti Indomie Blackpepper Beef, Indomie Carbonara dan untuk pecinta makanan pedas kamu harus coba Indomie Oseng Mercon yang rasanya ajib. Mie disini diolah tanpa memasukan bumbu dalam kemasan sehingga rasa mie diolah sesuai menu masakan. Selain mie, ada variasi unik dari nasi goreng dan roti bakar, aneka snack seperti oreo goreng, es krim goreng dan bermacam minuman. Di kafe ini terdapat mainan seperti Uno, Ludo, Remi dan ular tangga yang bisa kamu mainkan bersama teman-teman ketika sedang menunggu pesanan. Atau jika kamu beruntung terkadang ada Live Acoustic pada sore hari hingga menjelang malam. Harga makanan di Whats Up berkisar antara Rp.6.000-Rp.25.000 sementara minuman antara Rp.4.000-Rp.15.000.
Alamat Whats Up: Jalan Margonda Raya No.463. Depok.

9. Pondok Laras.

Jika kamu sedang mencari tempat makan murah yang cocok untuk bersantap bersama keluarga dengan anggota keluarga berupa anak-anak kecil maka Pondok Laras adalah salah satu pilihan yang tepat. Restoran yang menyediakan menu-menu masakan dan minuman khas Jawa-Sunda ini mempunyai saung-saung terapung yang ukurannya beragam sesuai banyaknya pengunjung, selain itu tempat ini memiliki area parkir yang luas juga area bermain untuk anak-anak. Harga menu di Pondok Laras ini pun cukup terjangkau mulai dari Rp.15.000-Rp.30.000.
Alamat Pondok Laras : Jalan Akses UI, Margonda, Depok.

10. Soto Bu Tjondro.

Soal rumah makan soto yang eksis sejak dulu di Kota Depok, tentu tak lepas dari restoran yang satu ini, Soto Bu Tjondro. Meski cabangnya kini ada dimana-mana, namun di kawasan kita Soto Bu Tjondro termasuk kuliner legendaris lho. Lokasinya yang terkenal ada di Jalan SIliwangi, Pancoran Mas, Depok.

11. Nasi Timbel Si Teteh.

Nasi Timbel yang memang rasanya teruji dan gak ada matinya. Begitu pula kedainya, yang sejak dulu hingga sekarang tetap eksis di Jl. Tole Iskandar No. 47 Depok 2 (Samping BCA KCP Tole Iskandar).

12. Es Teler 88.

Entah apa yang membuat kedai ini bernama Es Teler 88, apakah plesetan dari Es Teler 77 atau memang alamatnya yang berada di Jalan Nusantara ini nomor 88. Yang pasti, warung ini sudah ada sejak dulu, yang terkenal dan menjadi menu andalannya adalah Es Sarang Burung 88. Lokasi kuliner legendaris yang satu ini persis di depan SMAN 1 Depok.

13. Gabus Pucung Leuwinanggung.

Konon rumah makan khas sajian betawi-sunda ini kerap dijadikan base bagi komunitas sepeda maupun motor. Para bikers belakangan menjadikan tempat ini sebagai persinggahan saat melintasi jalur Cibubur-Depok-Bogor, tepatnya di Jl. Leuwinanggung, Tapos, Depok. Tak hanya lokasi yang menjadi alasan banyak orang singgah, namun sajiannya juga membuat pelanggan kangen selalu dengan menu khasnya, yakni Gabus Pucung.

14. Delysh Coffee Shop.

Kalau kita berkunjung ke pusat perbelanjaan Mal Depok atau D’Mall, Margonda, di kompleks Ruko-nya pasti melihat kafe ini (dekat dengan pos parkir keluar). Usianya terbilang tak lagi muda lho. Para penikmat kopi kerap menjadikan tempat ini untuk relaks sejenak atau meeting bersama rekan kerja. Kini, Delysh memiliki cabang baru di kompleks Ruko Saladin Square Margonda.

15. Waroeng SS.

SS yang menjadi singkatan Spesial Sambal, memang menjadi juara soal pedas. Bukan menunya yang pedas, namun pendampingnya, yakni cocolan sambalnya yang menjadi ciri khas. Beragam variasi sambal bebas dipilih bagi penggila kuliner pedas. Waroeng SS termasuk legendaris di Depok, dari hanya ada di satu tempat, di Jalan Margonda Raya (sebelum Hotel Bumi Wiyata), kini membuka cabang baru yang lokasinya berdekatan, yakni di seberang Hotel Bumi Wiyata.

16. Martabak Alim.

Martabak manis berukuran mini menjadi cirri khasnya. Lokasinya di Jalan Margonda Raya No. 359B dengan usia yang juga cukup lama, membuat Martabak Alim layak masuk dalam jajaran kuliner yang melegenda di Depok. Kini, Martabak Alim sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di Jabodetabek.

17. Saung Talaga Sawangan.

Yang satu ini menjadi pilihan banyak warga Depok di kala ingin kumpul bersama keluarga. Lokasinya di Jalan Sawangan cukup mencolok, apalagi dengan pajangan perahu yang tergantung di antara pohon kelapa di depan restoran ini, menjadi ciri khasnya. Menyantap sajian lokal dan hidangan ikan air tawar di saung yang berada di atas danau, menjadi kenangan tersendiri setelah mampir di Saung Talaga Sawangan.

18. Bebek H. Slamet.

Siapa tak kenal kuliner legendaris yang satu ini, Bebek H. Slamet, dengan cabangnya yang tersebar di Jabodetabek bahkan di tempat asalnya, Solo, Jawa Tengah. Di Depok, restoran ini juga sudah lama menghiasi peta kuliner kawasan, yang berlokasi di Jalan Raya Margonda (sebelum Hotel Bumi Wiyata).

19. Mang Kabayan.

Restoran besar yang menyajikan kuliner khas sunda ini juga salah satu ikon kuliner legendaris Depok di Jalan Margonda Raya. Usianya yang sudah cukup lama membuat restoran ini dikenal hampir seluruh warga Depok.

20. Ayam Bakar Christina.

Salah satu rumah makan yang melegendaris di Depok yaitu Ayam Bakar Christina, siapa si yang gak tau? rumah makan yang ada di pinggiran jl. Margonda no 420 ini memang tidak memiliki tempat yang terlalu besar, namun cita rasa sejak dulu hingga sekarang Ayam Bakarnya masih digandrungi pecinta kuliner.

21. Pancong – Sucang.

Meski tempatnya ala warung kopi, tetapi hampir ratusan anak muda dan tua, hilir mudik ke kedai yang ada di Jalan Komodo Raya ini. Maka tak heran, bila omset tiap bulan kedai pancong ini mencapai 3 juta rupiah. Lokasinya dekat pertigaan Jalan Arief Rahman Hakim, persis di samping kiri kantor Kelurahan Depok Jaya dan tidak jauh dari gardu utama PLN Depok 1. Karenanya orang banyak menyebutnya dengan Pancong PLN.

Pancong yang legendaris ini disajikan dengan berbagai toping dan tentu rasanya juara. Satu lagi yang khas adalah susu kacang ijo atau yang lebih di kenal dengan ‘Sucang’. Mereka berdua memang padu padan, pancong dan sucang.

22. Bakso Hitam Pak Bewok.

Makan bakso berkuah hitam, ini dia ciri khas kedai bakso Pak Bewok, yang berlokasi di Jalan Mohammad Ridwan Rais, Beji (dekat pintu masuk motor Poltek UI). Kebayang gak tuh kuahnya pake campuran apa sampai warnanya hitam, tapi rasanya, beuuh.. enak. Porsinya super banget, tersaji dengan campuran tulang ayam yang memenuhi mangkok.

23. Pempek Oky.

Tentu pelintas Jalan Nusantara, Depok 1 tak asing dengan nama Pempek Oky. Tak hanya legendaris, kedai yang menyajikan makanan khas Palembang ini memang termasuk juara.

24. Martabak Bangka Ko Hery.

Lokasi Martabak Bangka Ko Hery, di Jalan Arief Rahman Hakim ini, bila tidak terlalu memperhatikan sekali mungkin tak terlihat. Namun beruntung, parkiran kendaraan pelanggan yang selalu ramai dapat membantu kita menemukannya.
Salah satu testimoni warga soal kuliner legendaris di Depok yang satu ini adalah, setelah menikmati martabak ini, martabak lain rasanya jadi hambar, saking enaknya.

25. Mang Engking.

Si legendaris yang berlokasi di dalam kawasan Kampus UI Depok ini terbilang jagoannya seafood. Rindang dan danau UI, gambaran ini lah yang melekat erat di kepala pecinta hidangan laut yang pernah atau sering mampir di Gubug Mang Engking.

26. Zoe Cafe.

Kafe legendaris tempat membaca buku sambil menyeruput kopi ini sudah lama menemani warga muda Depok. Yang menarik, meski lokasinya di tengah Kota Depok yang sibuk dan padat, yakni Jalan Margonda Raya No.27, cafe ini tetap hadir dengan suasana rindang yang khas. Tak hanya kopi, sajian kudapan lainnya pun dapat Anda pilih seraya memilih buku apa yang ingin Anda baca di perpustakaan kafe ini.

27. Bebek Tik Tok Van Depok.

Posisinya yang berada di Jl. Margonda Raya No. 494 C dan cukup lama eksis ini tentu terdengar tak asing bagi warga Depok, khususnya pelintas Jalan Margonda apalagi para pemburu kuliner. Sajian sehat Bebek Tik Tok ini juga bias ditemui di Jl. Kukusan Raya No. 81A, Beji, Depok.
Selain sajian berat, yang khas dari restoran ini juga menjajakan Telur Panggang Vulkanik, yang sudah tersaji dalam kemasan dan bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

28. Es Pocong.

Es Pocong yang dari dulu berlokasi di seberang Gang Kober (dekat jalan kecil akses ke Stasiun UI) ini sudah menjadi salah satu ikon kuliner legendaris di jalan utama Kota Depok, yakni Margonda.
Selain segarnya Es Pocong, kedai ini pun menawarkan kudapan ringan khas tanah jawa, yakni Tempe Mendoan yang lebar dan ajib rasanya.

29. Sop Durian Margando.

Kedai yang berlokasi di sudut “lampu-merah” Ramanda, antara Jalan Margonda Raya dan Jalan Arif Rahman Hakim ini eksis dan selalu dikunjungi pelanggan-pelanggan setianya.

Soal sajian, dari namanya sudah jelas, macam-macam sop segar Durian dengan beragam variasi paduan rasa dapat Anda pilih di sini. Seperti Strawberry dan Roti (beriti), Strawberry Ketan (berita), Strawberry Kelapa (beripa), Kacang Ijo Ketan Roti (Zoker), Kacang Ijo Roti (Zero), hingga Kacang Ijo Ketan (Zotan).

30. Mie Ayam Berkat.

Mie Ayam Berkat ini legendaris, sudah lama ”bertengger” di Jalan Raya Margonda, yang berlokasi tidak jauh dari gapura utama Kota Depok dekat Gang Kober. Beragam variasi menu Mie Ayam tersaji disini, tentu bersama teman-temannya yang lain, seperti Kwetiau, Nasi Goreng, dll.

Mie Ayam Berkat terbilang jarang sepi pelanggan, apalagi bila ada acara wisuda mahasiswa UI, orangtua yang tinggal di luar Depok biasanya jadikan restoran ini target utamanya setelah acara wisuda selesai. Alasannya, selain karena sajian dan lokasi yang strategis, tentu karena kelegendarisannya juga.

Selamat menikmati.


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

One comment

  1. lumayan bisa buat referensi kalo lagi jalan ke depok gan.. thank for sharing gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hotel Sifaana Depok Bersedia Jadi Lokasi Karantina Pasien Covid-19

Depokrayanews.com- Hotel Sifaana di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, bersedia menjadi tempat lokasi karantina pasien ...