by

30 Orang Dinyatakan Suspect Virus Corona di Kota Bekasi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati

Depokrayanews.com- Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengatakan hingga Rabu 11 Maret 2020, jumlah pasien suspect Virus Corona di Kota Bekasi melonjak sampai 30 orang. Tapi dari jumlah itu, belum ada yang dinyatakan positif Virus Corona.

“Masih dalam penanganan dan pemantauan. 30 orang itu masih dalam tahapan terduga, nanti kami informasikan lagi,” kata Tanti kepada wartawan di Plaza Pemkot Bekasi, Rabu 11 Maret 2020. Menurut dia, dari 30 orang yang suspect Virus Corona itu, 5 orang dalam pengawasa (ODP) dan 16 orang dalam pemantauan.

“Hasil pemeriksaan laboratoium yang sudah keluar sebanyak 2 orang negatif dan sisanya menunggu hasil Litbangkes,” kata dia.

Menurutnya, Indikator awal yang bersangkutan pernah melakukan perjalan ke negara yang sudah terdampak corona atau pernah kontak erat/ kontak langsung dengan penderita. Untuk itu, masyarakat Bekasi jangan merasa resah, sebab pemerintah daerah tidak tinggal diam dan terus berkordinasi dengan Kementrian Kesehatan terkait bahaya corona ini.

Apalagi, kata dia, pemerintah terus melakukan sosialisasi tentang bahaya virus Corona kepada masyarakat umum. Mulai dari cara pencegahan, hingga bagaimana penanganan yang harus dilakukan ketika ada seseorang yang diduga terjangkit.

“Kami memberikan edukasi melalui berbagai media, dengan selalu menekankan pentingnya pola hidup sehat,” jelasnya.

Kemudian bagi mereka yang sakit selalu menggunakan masker, demi mencegah penularan kepada orang lain. Jika memang memiliki gejala-gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, flu, sesak nafas, batuk parah, dan sakit tenggorokan dihimbau untuk merujuk ke Puskesmas dan rumah sakit terdekat.

Sementara itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi mebentuk tim Satuan Tugas (Satgas) sebagai upaya antisipasi dan penanganan Covid-19 atau virus Corona. Sedikitnya, telah terdapat 50 tenaga medis yang telah bergabung. Satgas ini dibentuk pemerintah beberapa waktu lalu.

Direktur RSUD Kota Bekasi, Kusnanto Saidi mengaku telah menyiapkan ruang isolasi di gedung F bagi pasien yang terjangkit virus corona. Bahkan, dia mengatakan bahwa ruang itu telah disediakan sebelum wabah virus mematikan itu masuk ke tanah air.

“Satgas yang kami bentuk itu mengacu pada perhimpunan Dokter Paru Indonesia (DPI),” katanya.

Tim Satgas sendiri meliputi dokter spesialis, karena virus Corona tidak hanya melibatkan dokter paru tapi juga beberapa dokter dilibatkan. Sejuah ini alur penanganan sudah di buat, termasuk Standar Operasional Prosedur (SOP). Ruang isolasi sendiri telah disiapkan enam bed, perinciannya adalah dua bed di IGD kemudian empat bed di Gedung F. (and/suara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *