by

32.568 PNS Kembalikan Uang Bansos, Risma Siapkan Rekening Khusus

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan sebanyak 32.568 Aparatus Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) penerima bantuan sosial akan mengembalikan uang bansos kepada pemerintah daerah. Kemensos telah menyiapkan rekening khusus untuk menampung pengembalian dana bansos yang akan dilakukan per 30 Januari 2022 mendatang.

“ASN yang terima itu 32.568 orang, duitnya mau dikembalikan. Saya siapkan rekening untuk pengembalian itu,” kata Risma di Kantor Kemensos, Selasa 18 Januari 2022.

Hanya saja Risma tidak menyebut jumlah dana yang akan diterima oleh pemerintah dari hasil pengembalian bansos tersebut. Dia hanya menyebut pendataan PNS penerimaan bansos akan diserahkan kepada pemerintah daerah masing-masing.

Sebelumnya Kemensos menemukan sebanyak 31.624 PNS aktif terdaftar sebagai penerima bansos dari Kementerian Sosial. Temuan itu didapati ketika Kemensos melakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada November 2021.

Setelah pemutakhiran DTKS pada Januari 2022 ini, Kemensos mencatat PNS penerima bansos bertambah menjadi 32.568 orang.

Kemensos juga menemukan mayoritas PNS dalam data itu masih aktif menjabat. Temuan tersebut tersebar di 514 kabupaten kota di 34 provinsi di Indonesia. PNS yang mendapat bansos diketahui berprofesi sebagai dosen, PNS, hingga tenaga medis.

Bahkan Kemensos menemukan salah satu PNS yang mendapat bansos itu tinggal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Letak posisi rumah tersebut ditemukan menggunakan citra satelit milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Luas rumah milik PNS itu 100 meter persegi dan memiliki mobil. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *