by

39.000 KK di Depok akan Terima Bantuan Rp 500 Ribu per Bulan

Imam Budi Hartono

Depokrayanews.com- Pemerintah Propinsi Jawa Barat akan memberikan bantuan sebesar Rp 500.0000 per bulan selama 4 bulan kepada 390 ribu kepala keluarga di Kota Depok yang terdampak wabah virus corona.

”Mudah-mudahan dengan adanya bantuan sebesar Rp 500 ribu per bulan per kepala keluarga selama 4 bulan, masyarakat yang terdampak wabah virus corona bisa terbantu,” kata Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat, Imam Budi Hartono (IBH), Kamis 9 April 2020.

Batuan sebesar Rp 500.000 per bulan akan diberikan dalam bentuk sembako senilai Rp 350.000 dan uang tunai Rp 150.000. Bantuan itu akan diserahkan sebelum ramadhan.

“Penerima bantuan itu tidak mesti ber KTP Depok karena diharapkan warga daerah lain tidak pulang kampung. Para penerima bantuan dari pusat yang selama ini seperti PKH (keluarga harapan) dan penerima BPNT (bantuan pangan non tunai) tidak akan menerima bantuan ini. Tidak boleh dobel,” kata Imam yang digadang-gadang sebagai Calon Walikota Depok itu.

Nama-nama kepala keluarga yang mendapat bantuan itu merupakan usulan dari RT dan RW kemudian disampaikan ke Dinas Sosial sesuai instruksi dari Provinsi Jawa Barat.

Imam mengakui tidak semua kepala keluarga mendapatkan bantuan itu. Imam kemudian merinci kriteria warga yang bisa mendapatkan bantuan itu:

1. Pekerja yang bekerja di bidang perdagangan dan jasa dengan skala mikro dan kecil, seperti pedagang makanan, warung dan para umkm.

2. Pekerja yang bergerak di bidang pertanian dengan skala mikro dan kecil, seperti peternak ayam, petani ikan.

3. Pekerja yang bergerak di bidang pariwisata dengan skala mikro dan kecil.

4. Pekerja yang bergerak di bidang transportasi dengan skala mikro dan kecil, seperti para tukang ojek, supir angkot.

5. Pekerja yang bergerak di bidang industri dengan skala mikro dan kecil, seperti pengrajin rumahan baik usaha kuliner atau industri garmen.

6. Penduduk yang bekerja sebagai pemulung.

7. Penduduk Lanjut Usia.

8. Penduduk dengan kebutuhan khusus (disabilitas).

9. Penduduk yang anggota keluarga nya terindikasi ODP dan PDP serta terinfeksi Covid-19.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed