by

4 Cara Mencegah Supaya Ular Tidak Masuk ke Dalam Rumah

Depokrayanews.com- Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Welman Naipospos berbagi tips cara mencegah ular tidak masuk ke dalam rumah.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan area kebun, tata ulang barang-barang yang disimpan di dalam rumah. Mana yang tidak diperlukan. Silakan buang sampah secara rutin.

Kedua, pasang lem tikus untuk membasmi tikus yang ada di rumah, karena tikus memancing ular datang.

Ketiga, setelah hujan selalu cek lubang-lubang di halaman dan sekitar rumah yang kering dengan diterangi senter untuk memastikan tidak ada ular.

Keempat, gunakan pewangi ruangan di rumah, wangi yang menyengat tidak disukai ular karena mengganggu penciumannya terhadap mangsa dan musuh.

Menurut Welman, hanya 20 persen ular di sekitar kita yang berbisa tinggi. 80 persen lainnya tidak berbahaya. Di pulau Jawa, ada 110 an spesies ular, yang berbisa tinggi sekitar 16-17 spesies saja.

“Kenali, Waspada, tapi jangan bunuh ular,” kata dia.

Jika dalam kondisi darurat bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau tim rescue Damkar Depok 021-77827280.

“Tidak perlu panik jika ada ular masuk ke rumah. Hindari menyentuh, memegang atau menangani ular jika tidak terlatih,” kata Welman. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *