by

4 Menantu Beken di Lingkaran Kekuasaan

DEPOKRAYANEWS.COM- Teka-teki siapa yang bakal menduduki jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), akhirnya berakhir.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang notabene menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Hendropriyono, resmi menunjuk menantu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad.

Dengan demikian, Maruli adalah satu dari empat menantu beken di lingkaran kekuasaan. Sebelumnya, Jenderal TNI Andika Perkasa ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Panglima TNI.

Berikut profil singat empat menantu beken di lingkaran kekuasaan:

Jenderal TNI Andika Perkasa

1. Jenderal TNI Andika Perkasa:
Andika Perkasa yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Pangkostrad. Andika adalah menantu dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono. Sebelum diangkat menjadi Panglima TNI, Andika menjabat sebagai KASAD sejak tanggal 22 November 2018.

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 21 Desember 1964 itu tidak hanya mumpuni di militer. Andika juga diketahui memiliki empat gelar dari perguruan tinggi di Amerika Serikat yakni satu gelar PhD dan tiga gelar master yakni M.A, M.Sc, M.Phil. Andika juga mengantongi gelar SE dari perguruan tinggi dalam negeri.

Maruli Simamjuntak

2. Mayjen TNI Maruli Simanjuntak
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, secara resmi per 21 Januari 2022 ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) menggantikan Letnan Jenderal Dudung Abdurachman yang dipromosikan sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Dudung menggantikan posisi yang ditinggalkan Jenderal TNI Andika Perkasa yang dilantik sebagai Panglima TNI.

Maruli merupakan menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Pandjaitan. Bukan tidak beralasan kenapa Maruli ditunjuk sebagai Pangkostrad. Maruli bukan menantu kaleng-kaleng tanpa prestasi.

Sebelum menggantikan Mayjen TNI Kurnia Dewantara sebagai Pangdam IX Udayana sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 yang ditetapkan tanggal 18 November 2020, Maruli menjabat sebagai Komandan Paspampres (Danpaspampres).
Dua tahun Maruli sebagai Danpampres.

Maruli Simanjuntak yang saat ini juga menjabat Ketua Umum Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) periode 2021-2026 jauh sebelumnya sudah menunjukkan prestasi gemilang. Mantan atlet judo itu pernah dianugerahi gelar Danrem terbaik dalam bidang Program Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional Tahun 2016

Rapsel Ali menanti Wapres Ma’ruf Amin

3. Muhammad Rapsel Ali
Mantu beken di lingkaran kekuasaan di luar TNI ada nama Muhammad Rapsel Ali. Dia adalah menantu Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin.

Politisi NasDem itu kini tercatat sebagai Anggota Komisi VI DPR RI. Selain sebagai anggota DPR RI, Rapsel juga memegang sejumlah jabatan dalam organisasi kemasyarakatan, termasuk sebagai Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna, Dewan Penasihat Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024, Anggota Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, serta Presiden Pertamina Mandalika SAG Racing Team Indonesia yang kini mengikuti Kejuaraan Dunia Moto2.

Bukan itu saja, sejak 2019 Rapsel menjabat Ketua Umum Perkumpulan Pemilik Senjata Beladiri Indonesia (Perlisindo) serta Pembina Komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Wilayah Jakarta Barat dan Ketua Bidang Humas HDCI Pusat sejak 2009.

Rapsel juga merupakan mantan Ketua Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Sulawesi Selatan, Ketua Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan, dan Industri Indonesia (Ardin) Sulawesi Selatan, dan pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Pesisir dan Kepulauan (Aspeksindo).

Nama Rapsel pernah digadang-gadang menjadi kandidat kuat Kepala Badan Pangan Nasional (BPN). Pada April tahun lalu, ia pernah santer disebut akan masuk dalam kabinet sebagai salah satu Menteri setelah sempat dipanggil presiden Joko Widodo ke Istana. Rapsel disebut-sebut sebagai calon Menteri Pertanian atau Menteri Pemuda dan Olahraga.

Bobby Nasution bersama Kahiyang

4. Bobby Nasution
Mantu beken satu lagi adalah Bobby Nasution, Walikota Medan. Menantu Presiden Jokowi itu menempati jabatan baru setelah memenangi Pilkada Medan tahun 2020 bersama pasangannya Aulia Rachman.

Pria bernama lengkap Muhammad Bobby Afif Nasution kelahiran 5 Juli 1991 itu adalah suami Kahiyang Ayu. Selain walikota, Bobby Nasution juga dikenal sebagai seorang pengusaha. Ia juga diketahui merupakan Dewan Penasihat Pengurus Pusat IMI periode 2021-2024. (ril/ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *