by

400 Personel Kodim 0508/Depok Siaga Bencana saat Musim Hujan

Depokrayanews.com- Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok sudah menyiapkan 400 personelnya untuk siap siaga mengantisipasi bencana alam sepanjang musim hujan menjelang akhir tahun ini.

Ratusan personel itu disiagakan di Komando Rayon Militer (Koramil) tingkat kecamatan maupun tiga satuan kompi di Kodim 0508/Depok.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok, Kolonel Inf. Agus Isrok Mikroj mengatakan sudah memiliki prosedur tetap (protap) sebagai langkah antisipatif tanggap bencana. Untuk itu, sebanyak 400 personel Kodim Depok dikerahkan sepanjang musim penghujan untuk mengantisipasi bencana di Kota Depok.

“Siaga petugas ini dalam arti sebelum dan setelah terjadi bencana. Pencegahan terus dimssifkan, tapi jika ada kejadian kami siap melakukan penyelamatan maupun evakuasi,” kata Kolonel Agus, Sabtu 10 Oktober 2020.

Selain personel, Kodim 0508/Depok juga sudah memiliki persiapan material seperti posko bencana yang sudah dibangun sejak Februari 2020. Posko bencana itu telah dilengkapi dengan tempat tidur lipat dan peralatan dapur umum lengkap. ”Ini untuk mengantisipasi jika ada warga yang harus mengungsi karena bencana,” kata Agus.

Kodim 0508/Depok juga sudah memiliki dua perahu karet dan dua perahu besi, dan beberapa pelampung untuk upaya penyelamatan dilokasi bencana. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *