by

41 Pelajar dan Guru SMPN 20 Depok Kena Hepatitis A

SMPN 20 Kota Depok

DepokRayanews.com- Penyakit infeksi pada hati atau Hepatitis A yang melanda guru dan pelajar SMPN 20 Kota Depok sejak pekan lalu mendapat perhatian dari banyak pihak. Penyakit yang sangat mudah menular ini terkait erat dengan kebersihan dan sanitasi yang buruk.

Pemerhati Kota Layak Anak Jeanne Noveline Tedja mengatakan, penularan Hepatitis A, terkait erat dengan kebersihan dan sanitasi yang buruk. Penyakit ini dengan mudah terjangkit melalui air minum, makanan, atau sanitasi yang buruk.

”Orang berisiko tinggi terjangkit Hepatitis A apabila tinggal bersama dengan penderita hepatitis A. Kemudian, mereka yang tinggal di daerah dengan sanitasi buruk dan air tercemar,” kata Jeane di Depok, Selasa (19/11/2019).

Founder & CEO Rumah Pemberdayaan itu meminta agar Pemerintah Kota Depok segera melakukan investigasi mengenai awal mula penyebab penyakit tersebut berasal. Pihak sekolah bisa menjadikan kasus ini untuk lebih memerhatikan kebersihan lingkungan sekolah terutama toilet.

Menurut Nane, penyakit Hepatitis A juga sangat terkait dengan sistem kekebalan tubuh. Artinya, kasus ini juga sebagai pengingat bagi orangtua dan para siswa untuk lebih memperhatikan asupan makanan, minuman dan vitamin agar tidak mudah tertular penyakit.

“Dinas Kesehatan Kota Depok diharapkan langsung bergerak cepat memberikan vaksin kepada siswa yang lain di SMP tersebut, bahkan bila perlu meliburkan sekolah sementara waktu agar virus tidak lebih menyebar lagi,” kata dia.

Seperti diketahui, sebanyak 41 orang siswa dan guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 20 Depok, terinfeksi virus hepatitis A. Korban tersebut dirawat di sejumlah rumah sakit di Depok.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, hepatitis A mulai menjangkit di SMPN 20 Depok, sejak Senin (11/11/2019).
Berdasarkan data grup di WA, bahkan diketahui korban siswa terinfeksi virus Hepatitis A sejak Selasa (12/11/2019). Hingga hari ini, Senin (18/11/2019), total korban terjangkit Hepatitis A berjumlah 41 orang.

Berdasarkan informasi para orangtua murid di grup WA, data siswa dan guru yang positif terinfeksi virus Hepatitis A adalah NA (9C), H (9E), MR (7F), N (7H), F (8A), A (Guru), AIN (7H), D (7H), R (8B), AR (8F), F (8E), Y (9E), S (7A), SA (9C), S (9D), RW (7B). MA (9E), V (8G), C (guru), AK (8D), A (7B), A (8C), D (9D), F (7D), AF (7A), Y (7F), H (9D), AA, A (guru), F (9D), MR, Y (8B), FJ (8E), AF, I (8F), R (8F), R (8A), dan K (8A).

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita menjelaskan pihaknya sudah mengambil sampel darah kepada siswa di SPMN 20. “Sedang kami cek apakah benar terinfeksi Hepatitis A,” kata Nova. (ris)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *