by

Jusuf Kalla: Dari 10 Orang Kaya, Hanya 1 yang Beragama Islam

Depokrayanews.com- Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut dari sepuluh orang kaya di Indonesia hanya satu yang beragama Islam. Sementara dari 100 orang miskin, sebanyak 90 persen adalah orang Islam.

“Lihat saja kalau ada 10 orang kaya di Indonesia paling tinggi hanya satu yang muslim yang lainnya non muslim. Kalau ada 100 orang miskin, saya kira 90 persen yang miskin itu umat Islam,” kata JK dalam Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Masjid Istiqlal dan disiarkan secara virtual, Selasa 19 Oktober 2021.

Menurut JK, kondisi ini merupakan dampak dari ekonomi umat yang tidak maju. Pemerintah memang harus memajukan ekonomi nasional, tapi tidak boleh menutup diri dari ekonomi syariah. Persoalan ini,kata dia, juga menjadi satu-satunya kekurangan dari kegiatan ekonomi di Indonesia.

Berulangkali JK mengingatkan agar tidak memaknai ekonomi syariah secara sempit. Karena menurut JK, semua kegiatan ekonomi yang tidak haram berarti halal. Kemudian, semua ekonomi yang halal berarti ekonomi syariah.

“Sama dengan pusat industri halal, ya semuanya halal, mau industri minum, mau industri baju, industri tekstil, industri mesin semua syariah, jangan bapak tutupi ekonomi ini dengan keterbatasan, karena semua syariah,” kata JK.

JK kemudian mengutip doa sapu jagat yang meminta agar diberi kebaikan di dunia dan akhirat. Menurutnya, kebaikan akhirat bisa didapatkan jika mendapatkan kebaikan dunia.

Untuk mendapatkan kebaikan dunia itu, kata JK, terdapat konsep memakmurkan masjid, yakni orang yang mendirikan masjid, mengelola masjid, dan meramaikan masjid. Ketiganya saling berkaitan satu sama lain.

Dalam hal memakmurkan masjid, kata JK, juga terdapat fungsi ekonomi. Dalam hal ini bukan berarti masjid maupun pengurusnya menjalankan ekonomi melainkan menghidupkan ekonomi jemaah. Salah satunya dengan membentuk koperasi.(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *