by

Cara Cepat Sembuh dari Omicron

DEPOKRAYANEWS.COM- Covid-19 varian Omicron disebut-sebut menimbulkan gejala yang lebih ringan ketimbang varian Delta. Varian Omicron ini menyerang pasien dengan gejala-gejala yang mirip dengan flu. Berikut cara cepat sembuh dari Covid-19 Omicron.

Beberapa gejala umum Omicron di antaranya sakit tenggorokan, pilek, bersin, kelelahan ekstrem, dan batuk.

Meski disebut bergejala ringan, varian ini menyebar 3 sampai 4 kali lebih cepat dibanding varian Delta. Sehingga, tak heran jika kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak setelah adanya varian ini.

Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Erlang Samoedro mengatakan, varian Omicron sama seperti virus lainnya yang bisa sembuh seiring berjalannya waktu.

Berikut empat cara agar cepat sembuh dari Omicron:

1. Minum obat Antivirus
Pasien Omicron dapat mengonsumsi obat antivirus. Sedikitnya ada empat obat antivirus Covid yang disetujui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yakni Favipiravir, Molnupiravir, Paxlovid, dan Remdesivir. Beberapa di antaranya bisa didapat gratis di aplikasi telemedisin.

“Itu sih (Omicron-red) sebenarnya kalau virus akan sembuh dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat bisa dikonsumsi obat antivirus,” kata Erlang seperti dilansir CNNIndonesia.com, Minggu 20 Februari 2022.

Kendati demikian, jangan sembarang mengonsumsi obat antivirus tanpa anjuran atau resep dari dokter.

2. Minum Multivitamin dan Zinc
Selain mengonsumsi antivirus, pasien Omivron juga disarankan untuk mengonsumsi multivitamin dan zinc.
“Vitamin C, D, dan zinc,” rinci Erlang.

3. Rajin mencuci mulut dan hidung
Erlang mengatakan, sering mencuci mulut dan hidung juga dapat menjadi cara cepat sembuh dari Omicron.

Mencuci hidung atau nasal washing dapat menjaga kesehatan hidung dari paparan bakteri, debu dan virus. Nasal washing bisa menggunakan cairan yang mengandung senyawa NaCl atau garam. Biasa dilakukan 1 atau 2 kali dalam satu hari.

Mencuci hidung bisa juga dilakukan dengan menggunakan nose sanitizer, cairan yang digunakan untuk membersihkan rongga hidung. Cairan ini umumnya berisi antiseptik seperti iodine atau yodium.

Larutan ini bekerja dengan membilas saluran hidung. Ia juga dapat mengembalikan kelembapan dan meredakan radang.

4. Berjemur
Cara cepat sembuh dari Omicron lainnya yakni berjemur. Erlang menyebut aktivitas ini sangat penting untuk pasien Omicron. Pasalnya, sinar matahari dapat meningkatkan imunitas tubuh.

“Kalau berjemur kan meningkatkan sistem imunitas kita. Jadi matahari itu membantu menyerap vitamin D lebih banyak,” ujarnya lebih lanjut soal cara cepat sembuh dari Omicron. (ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *