by

Pangdam Jaya Resmikan SMAN 1 Depok sebagai Sekolah Toleransi

DEPOKRAYANEWS.COM- Pangdam Jaya Mayor Jendral (Mayjen) TNI Untung Budiharto meresmikan Sekolah Toleransi di SMAN 1 Depok, Rabu, 20 April 2022. Sekolah ini bertujuan membentuk generasi pancasila yang memiliki toleransi dan saling menghargai.

”Peresmian sekolah toleransi ini agar generasi muda memiliki sifat yang toleransi yakni menghargai sesama, mampu bekerja sama dan menciptakan suatu kerukunan diantara mereka. Tentunya, tanpa memandang suku, bangsa dan agama,” kata Pangdam Jaya Mayor Jendral (Mayjen) TNI Untung Budiharto usai meresmikan sekolah toleransi itu.

Dia berharap dari sekolah toleransi itu muncul kader-kader toleran yang menjadi pioner di masyarakat dan nantinya dapat menularkan ke sekolah-sekolah lain. Toleransi itu, kata dia, suatu kekuatan untuk menjaga persatuan dalam skala mikro. Baik di keluarga, masyarakat maupun dalam berbangsa dan bernegara.

“Sekolah juga dibentuk dalam rangka mengaplikasikan sila ketiga, yaitu persatuan Indonesia. Satu persatu kita buat agar toleransi menjadi budaya bagi masyarakat terutama generasi muda yang akan menangani kepemimpinan dimasa yang akan datang,” kata Pangdam.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Depok, Supian Suri mengatakan peresmian Sekolah Toleransi tidak hanya dilakukan di SMAN 1 Depok namun juga dilakukan di SMPN 7 Depok secara terpisah. Kedua sekolah ini merupakan titik awal untuk sekolah-sekolah lainnya di Kota Depok. “Semoga metode atau pola Sekolah Toleransi dapat efektif diterima dan diserap oleh para siswa,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *