by

480 Jemaah Umrah Indonesia Berangkat ke Arab Saudi Besok Siang

Depokrayanews.com- Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) M Noer Alya Fitra mengatakan 480 calon jemaah umrah Indonesia akan berangkat ke Arab Saudi dari Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu 8 Januari 2022 besok siang.

Ini merupakan pemberangkatan jemaah umrah Indonesia perdana di tengah pandemi virus corona usai Arab Saudi mencabut larangan terbang atau suspend penerbangan dari Indonesia terhitung mulai 1 Desember 2021 lalu.

“Informasinya besok 480 orang berangkat gunakan dua penerbangan. Lion Air dan Qatar Airlines. Yang Lion Air jam 13.10 WIB berangkat dari Soekarno-Hatta. Dari Qatar berangkat jam 18.20 WIB,” kata M. Noer Alya Fitra seperti dilansir CNNIndonesia.com, Jumat 7 Januari 2022.

Nafit, sapaan M. Noer Alya Fitra mengatakan 480 calon jemaah umrah itu berasal dari seluruh Indonesia. Namun, mereka semua harus ke Jakarta terlebih dahulu menjalani masa karantina di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta selama satu hari sebelum berangkat ke Saudi.

Hal itu didasarkan pada one gate policy atau kebijakan satu pintu umrah yang ditetapkan Kemenag. Aturan ini mengatur seluruh jemaah berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dan menjalani karantina di Jakarta.

Kebijakan ini bertujuan untuk memastikan pelbagai protokol kesehatan yang disyaratkan pihak Saudi bisa dipatuhi dengan baik para calon jemaah.

Nafit memastikan calon jemaah akan menerapkan pelbagai protokol kesehatan yang ketat selama umrah di Saudi maupun saat kembali ke tanah air.

Salah satunya dengan menjalani karantina selama satu hari di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta sebelum berangkat. Setelah tiba di Saudi, mereka harus menjalani masa karantina selama lima hari terlebih dulu sebelum menggelar umrah. Nantinya begitu kembali ke Indonesia juga harus menjalani karantina. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *