by

Angka Stunting di Kota Depok Paling Rendah di Jawa Barat

DEPOKRAYANEWS.COM- Angka stunting di Depok saat ini berada diangka 12,3 persen. Ini merupakan angka terendah jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Kota Depok Tahun 2021 masih memiliki angka stunting terendah se-Jawa Barat, yaitu 12,3 persen menurut Studi Status Gizi Indonesia, angka ini terkecil di Jabar, dimana Jabar di angka 24,5 persen,” kata Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Jumat 24 Juni 2022.

Menurut Imam, angka ini jauh berbeda dengan angka yang didapat langsung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok sebesar 3,43 persen atau sebanyak 3.693 balita. Data itu bersumber dari para kader posyandu di semua RW se-Kota Depok.

Untuk menyelesaikan kasus itu, sambung Imam, Kota Depok meluncurkan program D’Stunting Menara atau Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Depok Ramah Anak pada akhir tahun lalu. Program ini dipelopori oleh para kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kota Depok dilaksanakan sepanjang tahun dengan 600 kegiatan.

Hingga bulan April D’Stunting Menara sangat efektif menurunkan angka stunting hingga 70 persen lebih. Dari jumlah 3.693 balita yang tercatat pada tahun kemarin, hingga tersisa 2.000-an. “Saya juga ditunjuk sebagi Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Depok,” kata Imam. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *