by

5.000 Rumah di Depok Bakal Dapat Dana Hibah Biaya Pemasangan Instalasi Air Minum

EE Sulaeman
Direktur Umum PDAM Tirta Asasta Depok

Depokrayanews.com- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan dana hibah berupa subsidi biaya pemasangan instalasi air minum kepada 5.000 rumah tangga di Kota Depok.

Dana hibah itu diberikan kepada Pemerintah Kota Depok, untuk kemudian diteruskan kepada PDAM Tirta Asasta Depok sebagai pelaksana program.

Direktur Umum PDAM Tirta Asasta Depok, EE Sulaeman membenarkan adanya program penyediaan instalasi air minum untuk 5.000 rumah tangga di Depok.

“Ya, hibah itu diberikan Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kota Depok. Sedangkan PDAM Tirta Asasta sebagai pelaksana program,” kata EE Sulaeman kepada depokrayanews.com.

Menurut EE Sulaeman, pihak PDAM Tirta Asasta kini tengah mengumpulkan data masyarakat yang bisa mendapatkan dana hibah sesuai ketentuan yang ditetapkan kementerian PUPR.

Sesuai persyaratan, rumah tangga yang bisa mendapatkan dana hibah pemasangan istalasi air minum itu, antara lain di lokasi kawasan itu sudah terpasang instalasi pipa air minum utama, jalan lingkungan kurang lebih 6 meter, ukuran rumah maksimal 60 meter per segi, dan di rumah itu sudah terpasang instalasi listrik maksimal 1.300 watt.

Menurut EE Sulaeman, dana hibah berupa subsidi biaya pemasangan instalasi air minum itu sebesar Rp 750 ribu per rumah tangga. Atau 50 persen dari biaya pemasangan instalasi normal sebesar Rp 1,5 juta.

Sisa dana Rp 750 ribu lagi yang harus dibayar masyarakat, tapi bisa dicicil beberapa kali. “Jadi dana hibah itu semacam dana stimulus, supaya masyarakat mau mengkonsumsi air minum sesuai standar kesehatan,” kata EE Sulaman.

Ada lima kecamatan yang menjadi target pelaksanaan program hibah itu yakni Kecamatan Beji. Pancoranmas Sukmajaya, Cimanggis, dan Tapos.

“Tim kita sedang mendata di lapangan supaya dapat 5.000 rumah tangga,” kata laki separoh baya yang hobi berenang itu.

Data yang terkumpul kemudian diserahkan ke kantor Kementerian PUPR untuk diverifikasi. Kalau disetujui, baru dilaksanakan pemasangan instalasi. EE Sulaeman berharap program itu bisa terlaksana dengan baik dan lancar. (and)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. Saya ingin memasang PDAM karena drmh saya sudah 2x saya mengebor air tidak dpt keluar air yg layak dpakai