by

5 Fakta Menarik Tentang Gunung Mauna Kea yang Kalahkan Ketinggian Gunung Everest

Depokrayanews.com – Selama ini, gunung Everest yang terletak di Nepal, diakui menjadi gunung tertinggi di dunia lantaran memiliki tinggi 8.848 meter (dari permukaan laut). Namun, beberapa fakta baru menunjukkan gunung bernama Mauna Kea merupakan gunung tertinggi yang sebenarnya.

Hal tersebut karena gunung yang terletak di Kepulauan Hawaii ini memiliki kaki berada di dasar laut. Berbeda dengan Everest yang tingginya diukur dari atas permukaan air laut, berikut ulasan deretan fakta Mauna Kea jadi gunung tertinggi dari berbagai sumber.

 

1. Mauna Kea adalah gunung tertinggi di bumi, jika diukur dari kaki gunungnya

Mauna Kea merupakan gunung tertinggi yang ada di bumi jika diukur serta dihitung secara keseluruhan mulai dari kaki hingga ujung puncaknya. Gunung yang berlokasi di Kepulauan Hawaii itu memiliki perbedaan sekitar 1.300 meter lebih tinggi dibanding Everest.

Seperti dilansir dari Live Science, total tinggi dari Mauna Kea mencapai 10.210 meter serta memiliki kaki dibawah permukaan air laut sedalam 6.000 meter. Sedangkan Everest mempunyai kaki gunung yang terletak di daratan dan hanya sejajar dengan permukaan air laut.

2. Punya SDA dan Budaya yang Begitu Kaya

Layaknya daerah pegunungan lainnya, Mauna Kea juga dipenuhi oleh budaya, adat, dan kehidupan warga lokal yang khas. Pada zaman dahulu, warga setempat percaya bahwa daerahnya merupakan tempat yang penuh kedamaian dan tempat berkumpulnya para dewa.

Mauna Kea juga kaya dengan sumber daya alam. Gunung tertinggi ini menjadi habitat bagi berbagai flora dan fauna langka yang tidak dapat ditemukan di belahan bumi yang lain.

3. Mauna Kea termasuk dalam jenis gunung berapi purba

Menurut United States Geological Survey (USGS), Mauna Kea pernah mengalami erupsi dengan memuntahkan laharnya secara hebat. Peristiwa tersebut membuat sebagian gunung ini terbentuk menjadi beberapa lapisan padat.

Kini, gunung yang dulu pernah disebut Mauna a Wakea atau Gunung Putih ini dibuka untuk para wisatawan dan hanya memiliki jumlah magma sangat rendah. Mauna Kea juga diperkirakan tak akan mengalami erupsi besar dalam waktu dekat ini.

4. Terdapat observatorium canggih di puncak Gunung Mauna Kea

Mauna Kea (Sumber: pixabay)

Pada puncak Gunung Mauna Kea terdapat observatorium dan fasilitas penelitian astronomi. Observatorium Mauna Kea merupakan salah satu observatorium tercanggih di dunia. Banyak ilmuwan dan ahli astronomi yang melakukan penelitian di Observatorium Mauna Kea tersebut. Bahkan, fasilitas penelitian ini juga bekerja sama dengan NASA dan angkatan udara Amerika Serikat untuk penelitian di bidang astronomi.

Rencananya Observatorium ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas Thirty Meter Telescope (TMT) yang merupakan salah satu teleskop dengan inframerah tercanggih di dunia. Selain itu juga dilengkapi lensa utama yang berdiameter 30 meter.

5. Protes keras dari warga setempat

Pembangunan fasilitas penelitian astronomi yang menggunakan peralatan canggih mendapat protes keras dari masyarakat. Para kalangan adat, warga asli, dan organisasi nasional alam liar melakukan protes keras terhadap pembangunan fasilitas terbaru berupa TMT yang dinilai berpotensi merusak habitat alami beberapa spesies flora asli Mauna Kea.

Untuk membangun fasilitas tambahan di Observatorium Mauna Kea, dibutuhkan lahan sekitar 5 hektare. Tentu ini berpotensi merusak habitat asli flora dan fauna yang ada di sekitar gunung. Masyarakat setempat juga percaya bahwa, pegunungan Mauna Kea adalah tanah keramat yang menjadi bagian dari identitas warga Hawaii dalam kurun waktu yang sangat lama.

sumber:merdeka

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed