by

5 Orang Terkaya Indonesia yang Sukses Mengelola Kerugian

Anthoni Salim
Anthoni Salim

Depokrayanews.com- Dalam kondisi ekonomi global yang sulit seperti sekarang banyak perusahaan yang mengalami kesulitan. Dan kondisi seperti ini bukan pertama kali terjadi di Indonesia. Ingat krisis moneter tahun 1998? Ketika itu banyak perusahaan diambang kehancuran. Tapi banyak pula perusahaan yang sukses menyelamatkan diri dari kehancuran.

Berikut ini adalah 5 orang terkaya di Indonesia yang sukses mengelola kerugian menjadi miliaran.

1. Anthoni Salim

Saat krisis moneter melanda Indonesia pada 1997-1998, Anthoni Salim adalah salah satu pengusaha yang kocar-kacir. Usahanya rugi serugi-ruginya. Utangnya bahkan menembus Rp 55 triliun.

Walhasil, dia memutar otak untuk menyelamatkan usaha yang dirintis ayahnya itu. Akhirnya, saham sejumlah perusahaannya yang sudah punya nama ia jual. Di antaranya BCA dan Indocement.

Dari usaha yang tersisa, dia berhasil bangkit dari keterpurukan. Bahkan kerugian yang pernah ia derita itu kini menjadi keuntungan. Dia pun sukses masuk deretan orang terkaya di Indonesia.

2. James Riady

James Riyadi
James Riyadi

Lippo Group milik keluarga Riady bisa dibilang moncer saat ini. Tapi perusahaan itu pernah mengalami masa kelam akibat menanggung kerugian.

James Riady terpaksa melepas sejumlah perusahaannya agar selamat dari kerugian yang datang terus-menerus. Perusahaan itu antara lain Bank Lippo dan Axis Telekom.

Meski pernah rugi, usahanya terus berkembang sampai sekarang. Kerugian itu tidak menjadi halangan baginya untuk meneruskan jerih-payahnya membangun usaha.

3. Peter Sondakh

Sebagai pengusaha sekaligus investor, Peter Sondakh sudah kenyang makan asam-garam di dunia entrepreneur. Kerugian hingga miliaran rupiah pernah ia derita.

Tapi keuntungan berlipat pernah pula ia dapat. Namanya usaha, kalau gak untung ya rugi. Itulah yang mendasari semangat usaha Peter Sondakh.

Dia kerap jual-beli perusahaan untuk memastikan gak terseret kerugian. Begitu usaha merugi, langsung dijual, lompat ke usaha lain yang punya potensi menguntungkan. Begitu caranya hingga sukses menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

4. Bob Sadino

Alm Bob Sadino
Alm Bob Sadino

Om Bob sudah meninggal. Tapi petuah dan karya-karyanya masih hidup hingga sekarang. Gak sedikit pengusaha yang terlecut semangatnya setelah mendengarkan motivasi dari Bob Sadino.

Bob memang merintis usahanya dari nol dan pernah mengalami kerugian. Tapi bencana usaha itu gak menghalangi niatnya untuk menjadi pengusaha sukses.

Itu sebabnya, Bob bisa memberikan nasihat usaha yang tokcer berdasarkan pengalamannya sendiri. Petuahnya yang sangat mengena di antaranya: “Usaha yang bagus adalah yang dibuka, bukan ditanyakan terus.”

5. Ciputra

Ciputra
Ciputra

Ciputra juga termasuk pengusaha yang limbung gara-gara bagai krisis 1998. Bank Ciputra miliknya terpaksa ditutup karena dinilai gak layak. Bahkan perusahaan asuransi yang baru dirintis juga harus ditutup.

Ciputra pun terbelit utang. Untungnya, dia bisa menjalankan strategi restrukturisasi utang dengan baik. Akhirnya, usahanya pun kembali mencuat.

Salah satu yang terkenal adalah perusahaan properti. Bahkan dia masuk Museum Rekor Indonesia sebagai wirausahawan yang paling banyak mendapat penghargaan.

Kerugian bukanlah hal tabu buat pengusaha. Jarang banget ada pengusaha yang dari awal buka bisnis sampai bisa sukses enjoy aja dalam usaha.

Bahkan badan usaha milik negara saja bisa dilanda kerugian. Apalagi perusahaan swasta, yang modalnya dari kantong pribadi.

Kuncinya adalah bagaimana melihat kerugian itu sebagai titik tolak untuk bangkit. Salah satunya, mencermati pengalaman pebisnis lain yang pernah mengalami kejadian serupa.

Antara lain ya seperti lima orang terkaya di Indonesia di atas. Mari para pengusaha, deklarasikan kampanye “Menolak Bangkrut”!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *