by

5 Prinsip Hidup yang Bisa Membuat Cepat Kaya

Depokrayanews.com- Tantangan masa kini berbeda dengan masa lalu. Adanya pengaruh kemajuan teknologi dengan menghadirkan media sosial sebagai saran informasi dan berbagi membawa dampak lain, yakni tuntutan menjadi kaya di masa muda.

Sebenarnya ini kembali pada prinsip masing-masing. Hanya saja saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa kita disuguhkan dengan banyak kisah orang sukses secara finansial di usia muda.

Adanya figur maupun tokoh inspiratif semacam itu akhirnya memberikan dua respon yang berbeda. Disatu sisi bisa menjadi motivasi bagi diri, namun di sisi yang lain bisa membuat orang merasa rendah diri, stres, bahkan sampai depresi. Diambil dari logika orang kebanyakan, maka siapapun ingin mendapatkan momen sukses dan kaya di usia muda.

Kemudian yang jadi pertanyaannya ialah apa yang bisa dan perlu dilakukan untuk menuju kesuksesan di usia muda. Ada banyak hal yang bisa diperbuat, salah satunya adalah mempelajari prinsip hidup dari mereka yang sudah berhasil kaya di usia muda. Melalui prinsip tersebut, setidaknya bisa mendapat gambaran kehidupan seperti apa yang bisa membawa mereka menjadi kaya.

Maka dari itu, mulai langkah awal untuk menjadi kaya di usia muda dengan mengenal prinsip hidup yang bisa membuat cepat kaya.

Inilah 5 prinsip hidup yang bisa membuat cepat kaya:

1. Belajar Menginvestasikan Aset yang Produktif

Prinsip hidup pertama yang akan membuat cepat kaya ialah mulai belajar untuk berani melakukan investasi pada aset-aset yang sifatnya produktif. Hal ini penting dilakukan karena investasi memang menjadi primadona maupun jalan alternatif yang biasa dilakukan oleh pengusaha atau pemodal untuk menaikkan pendapatan.

Ingat, aset yang dipilih adalah aset yang produktif bukan aset mati. Adapun contoh dari aset produktif yakni, misalnya real estate atau lahan perkebunan. Karena, dua hal ini pasti bertumbuh dan akan memberikan hasil tetap setiap bulannya. Berakar dari situ, otomatis penghasilan juga akan bertambah tiap bulannya.

2. Mampu Menahan Diri untuk Menunda Kesenangan

Prinsip hidup kedua yang akan membuat cepat kaya ialah ketikamampu menahan diri untuk menunda kesenangan. Kesenangan dalam arti disini ialah perilaku konsumtif yang tidak kenal batas. Jika bisa lebih memilih menabung daripada berbelanja barang berdasarkan keinginan, maka kamu sedang menjalankan kebiasaan yang akan membawamu menjadi cepat kaya.

Pada prinsip ini bukan berarti tidak boleh mempunyai pengeluaran untuk memberi barang, hanya saja usahakan uang yang dibelanjakan itu berdasarkan kebutuhan sehingga terkontrol dan tidak boros. Ingat, membeli barang dengan asas kebutuhan dan keinginan itu adalah dua hal yang berbeda.

3. Cermat Terhadap Pengeluaran diluar Perencanaan

Prinsip hidup ketiga yang akan membuat cepat kaya ialah ketika cermat terhadap setiap pengeluaran yang dikeluarkan diluar perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Anggap saja ini namanya adalah pengeluaran tidak terduga. Kamu tetap perlu mencatatnya, walaupun nominalnya kecil.

Jika lalai dan meremehkan pengeluaran tersebut, bisa jadi yang membuat tabungan cepat habis ialah pengeluaran tidak terduga yang juga tidak disadari. Oleh karena itu, pastikan mencatat setiap pengeluaran sehingga tetap bisa mengontrol dan mensiasati keuangan jika sekiranya terjadi hal yang tidak terduga menimpamu.

4. Belajar Menyingkirkan Rasa Gengsi

Keempat, prinsip hidup lainnya yang akan membuat cepat kaya ialah ketika mampu menyingkirkan rasa gengsi yang ada dalam diri. Niat hati dengan gengsi ingin terlihat kaya, justru sifat itu yang akan membuatmu sulit kaya. Lebih baik menjadi benar-benar kaya daripada terlihat kaya.

Supaya kamu bisa menabung, maka kamu cukup membeli barang sesuai dengan kebutuhan dengan harga yang pas dikantong. Tidak apa jika saat ini belum bisa membeli barang yang branded, kelak jika kamu sudah berhasil dan kaya, kamu akan membelinya juga.

5. Memiliki Perencanaan Jangka Panjang

Terakhir, prinsip hidup yang kelima dan perlu diterapkan agar cepat kaya ialah memiliki perencanaan jangka panjang yang matang. Prinsinya jangan hanya hidup untuk hari ini saja, tetapi pikirkan juga jangka panjangnya. Dengan memiliki perencanaan keuangan jangka panjang, kamu akan menjadi lebih bijak dan mawas diri.

Memiliki perencanaan jangka panjang terhadap keuangan adalah bentuk tanggungjawab pada diri sendiri. Oleh karena itu, pastikan sejak saat ini kamu sudah mulai memikirkan dan merancangkan perencanaan keuanganmu dengan sangat matang.

Sumber:fimela

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed