by

5 Provinsi dengan Investasi Asing Terbesar di 2022

DEPOKRAYANEWS.COM- Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebut ada 5 provinsi dengan Penanaman Modal Asing (PMA) terbesar se-Indonesia sepanjang 2022.

Aliran investasi asing terbesar masuk ke Provinsi Sulawesi Tengah dengan realisasi sebesar US$,75 miliar atau setara Rp112,23 triliun (kurs: Rp14.954).

Jawa Barat berada di uruta kedua dengan realisasi investasi asing sebesar US$6,5 miliar. Kemudian urutan ketiga adalah Maluku Utara dengan realisasi nilai investasi mencapai US$4,5 miliar.

“Kalau kita lihat FDI, Sulawesi Tengah nomor 1, Maluku Utara nomor 3, dan lihat rata-rata pertumbuhan dari daerah ini. Pertumbuhan ekonominya pasti akan jauh lebih baik karena selain didorong dari belanja konsumsi dalam negeri, investasi juga cukup bagus,” kata Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia kepada wartawan, Selasa 24 Januari 2023.

Menurut Bahlil, DKI Jakarta dan Banten berada di peringkat keempat dan kelima. DKI Jakarta membukukan realisasi investasi asing mencapai US$3,7 miliar, sementara Banten mencatatkan nilai investasi asing sebesar US$3,4 miliar.

Secara umum Bahlil menyampaikan realisasi investasi sepanjang Januari – Desember 2022 mencapai Rp1.207,2 triliun atau melebihi target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo, yakni Rp1.200 triliun. Angka ini naik 34 persen dibandingkan realisasi tahun 2021 dan mampu menyerap sekitar 1,3 juta tenaga kerja Indonesia.

“Ini salah satu pertumbuhan investasi yang terbesar. Target realisasi investasi di RPJMN [Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional] kami sekitar Rp968 triliun, sementara Bapak Presiden memberikan target Rp1.200 triliun,” kata Bahlil.

Dari total realisasi tersebut, investasi yang bersumber dari penanaman modal asing (PMA) menjadi penopang utama dengan capaian Rp654,4 triliun. Jumlah ini meningkat 44,2 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy).

Jika dilihat secara keseluruhan investasi PMA dan PMDN (penanaman modal dalam negeri) sepanjang 2022, maka peringkat pertama dipegang oleh provinsi Jawa Barat dengan nilai investasi Rp174,6 triliun. Adapun, posisi kedua dan ketiga diduduki oleh DKI Jakarta dan Sulteng dengan capaian investasi masing-masing Rp143 triliun dan Rp111,2 triliun. Terakhir, posisi keempat dan kelima provinsi dengan investasi terbesar jatuh pada Jawa Timur dengan Rp110,3 triliun dan Riau Rp82,5 triliun. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed