by

Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa

DEPOKRAYANEWS.COM- Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan nama calon panglima TNI yang akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Sosok tersebut adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

“Saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut, yang menjabat KSAL saat ini,” ujar Puan dalam jumpa pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 28 November 2022.

Puan mengatakan, Yudo diterima oleh DPR untuk mengikuti mekanisme pemilihan panglima TNI yang berlaku. Yudo segera menjalani fit and proper test di Komisi I DPR.

Rencananya, fit and proper test akan dilaksanakan pada Rabi 20 November 2022.”Rencananya Rabu kita akan uji kelayakan,” kata anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin di Kompleks MPR/DPR Senayan, Jakarta, Senin 28 November 2022.

TB Hasanuddin mengatakan hasil uji kelayakan itu nantinya akan diserahkan ke pimpinan DPR. Kemudian, DPR akan menggelar rapat paripurna pada Kamis (1/12) sebagai persetujuan atau tidaknya penunjukan Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI.

“Rapur (rapat paripurna) selesai dan dikembalikan ke presiden nama yang disepakati jadi Panglima,” kata dia.

Hasanuddin tak mempersoalkan keputusan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang menunjuk Yudo. Ia mengatakan hal itu merupakan hak prerogatif Jokowi dan sudah memenuhi syarat sebagai calon Panglima TNI.

Ia menyatakan bakal ada lima isu yang akan ditanyakan kepada Yudo dalam uji kelayakan nantinya. Di antaranya soal komitmen netralitas TNI hadapi tahun politik, penekanan disiplin prajurit, pendidikan dan pelatihan prajurit hingga lanjutkan rencana strategis Minimum Essential Force (MEF).

“Dan terakhir Panglima TNI harus mampu tekankan kesejahteraan prajurit. Kira-kira lima item itulah yang digali,” kata dia. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed