by

54 Kabupaten Kota Masuk PPKM Level 2, Termasuk Kota Depok

Depokrayanews.com- Pemerintah memastikan ada 54 kabupaten dan kota yang masuk wilayah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2, termasuk Kota Depok. Selain itu, ada 9 kabupaten dan kota yang masuk PPKM Level 1.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, mulai besok (Selasa 19 Oktober 2021-red) ada 9 kabupaten dan kota yang masuk ke wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 1. Selain itu, 54 kabupaten dan kota masuk wilayah PPKM level 2.

“Terkait detail mengenai keputusan ini akan dituangkan melalui Inmendagri,” ujar Luhut dalam konferensi pers, Senin 18 Oktober 2021. Sebelumnya, daerah yang menerapkan PPKM Level 1 baru Kota Blitar.

Luhut mengatakan, pemerintah terus melakukan evaluasi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, termasuk dalam penentuan level kabupaten kota.

Dia menyebut, dalam satu bulan terakhir penurunan level untuk wilayah aglomerasi tertahan beberapa kabupaten kota yang belum mampu mencapai target vaksinasi.

“Sebagai contoh, sebagian besar kabupaten kota di wilayah Jabodetabek yang seharusnya bisa turun ke level 2 tidak bisa turun level karena cakupan vaksinasi di kabupaten Bogor dan Tangerang belum mencapai target,” ujar dia.

Berkaca dari kondisi tersebut dan atas persetujuan dari Presiden, syarat vaksinasi kabupaten atau kota di aglomerasi diubah berdasarkan pencapaian kabupaten atau kota itu sendiri, selama keseluruhan aglomerasi sudah memenuhi syarat WHO untuk turun level.

Dengan perubahan syarat vaksinasi untuk aglomerasi, ditetapkanlah ada 54 kabupaten kota di level dua dan 9 kabupaten kota di level 1.

Luhut mengatakan, secara umum, kasus aktif nasional dan di Jawa-Bali terus menurun. Kasus aktif nasional tercatat sebesar 18 ribu, sementara di Jawa-Bali kurang dari 7 ribu. Angka tersebut jauh menurun dibandingkan lebih dari 570 ribu kasus aktif pada puncak varian Delta.

Bahkan, dia mengatakan situasi itu semakin membaik dengan tercapainya nol kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Bali pada 17 Oktober 2021. Adapun di provinsi lain di Jawa Vakum angka kematian harian pun berhasil ditekan di bawah lima kematian per hari.

“Capaian ini kami yakin mampu dijaga seiring dengan capaian vaksinasi lansia, di Jawa-Bali yang meningkat tajam. Namun akselerasi masih perlu dilakukan karena vaksinasi di Jawa-Bali baru mencapai 43 persen,” tutur Luhut.

Seiring dengan kondisi situasi Covid-19 yang semakin baik, ada beberapa penyesuaian aktivitas masyarakat yang mulai dapat diberlakukan pada periode PPKM ini. Di antaranya; tempat permainan anak di mal/pusat perbelanjaan boleh dibuka untuk kabupaten/kota di level 2.

“Kami mensyaratkan tempat permainan anak harus mencatat nomor telepon dan alamat orang tua, serta waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing. PPKM diperpanjang sampai 1 November,” ujar Luhut.

Selain itu, kapasitas bioskop untuk kota level 2 dan 1 dapat dinaikkan menjadi 70 persen. Dan untuk anak-anak diperkenankan masuk bioskop di kota dengan level 1 dan 2.

Anak-anak di bawah usia 12 tahun juga diperbolehkan masuk tempat wisata di level 2 yang sudah menggunakan Peduli Lindungi, dengan didampingi orang tua. “Uji coba tempat wisata di kabupaten/kota level 3 juga akan ditambah sesuai dengan izin Kemenparekraf. Wisata air dapat dibuka pada kabupaten/kota level 2 dan 1,” kata Koordinator PPKM Jawa Bali itu. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed