by

Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia Mendarat di Ngurah Rai Bali

DEPOKRAYANEWS.COM- Pesawat terbesar di dunia AirbusA380-800 milik maskapai penerbangan Emirates mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada Kamis 1 Juni 2023 pukul 16.35 WITA.

Pesawat komersial itu mengangkut 482 penumpang dari Bandara Internasional Dubai pada Kamis 1 Juni 2023 pukul 03.49 waktu setempat.

Dengan mendaratnya pesawat super jumbo jet tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencatatkan sejarah sebagai bandara pertama di Indonesia yang melayani penumpang komersial reguler terbesar di dunia tersebut.

Sesaat setelah mendarat, pesawat raksasa dengan badan bertingkat atau double decker dengan nomor registrasi A6-EUR itu disambut dengan prosesi water salute dari dua kendaraan PK-PPK Bandara I Gusti Ngurah Rai. Para penumpang yang turun dari pesawat juga menerima sambutan berupa kalungan rangkaian bunga serta tarian sambutan khas Bali.

“Kami sangat bangga dan bersyukur karena menjadi bagian bersejarah bagi Angkasa Pura l dan ini pertama kalinya di Indonesia,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi saat menyampaikan sambutan.

Gubernur Bali Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau Cok Ace ikut menyambut kedatangan pesawat Emirates tersebut.

Koster merasa sangat bahagia karena maskapai Emirates selama ini mendukung pariwisata Bali.

Ia berterima kasih karena sejak penerbangan internasional ke Bali dibuka sejak 2022 pasca-pandemi, Emirates menjadi salah satu penerbangan yang ikut menjadi pioner.

“Ini menjadi bukti bahwa seindah apapun sebuah wilayah, sehebat apapun promosi yang dilakukan tanpa adanya penerbangan maka pariwisata tidak akan bisa berjalan,” ungkapnya.

Koster menerangkan sejak dibukanya penerbangan internasional pada 2022 ada peningkatan jumlah kunjungan wisman ke Bali yang cukup signifikan. Pada 2022 jumlah kunjungan wisman kembali mencapai 1,1 juta dan itu masih dalam kondisi Covid-19 belum mereda.

“Namun pada tahun 2023 hingga bulan April akhir, itu sudah hampir mencapai 1,5 juta tepatnya 1.470.000 lebih hampir 1,5 (wisman berkunjung ke Bali) itu belum dapat dari penerbangan Airbus A380,” jelasnya.

Pihaknya pun optimistis, jika melihat perkembangan dari Januari hingga April 2023,maka pada akhir 2023 kalau masih dalam situasi yang baik bisa mencapai target yang sudah ditentukan yakni 4,5 juta wisatawan mancanegara.

“Katakanlah sama dengan empat bulan yang pertama ini dari Januari sampai April itu kira-kira target 4,5 juta pada bulan Desember 2023, saya kira itu pasti tercapai, tapi dengan memperhitungkan dinamikanya ke depan,” ujarnya.

Saat ini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani penerbangan komersial reguler rute Dubai-Bali-Dubai yang dioperasikan Emirates dengan frekuensi dua penerbangan setiap harinya. Dua penerbangan tersebut sebelumnya dioperasikan oleh Emirates dengan menggunakan pesawat tipe Boeing 777-300ER. (CNN)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *