by

6 Ciri Orang Cerdas yang Kadang Tidak Disadari

Depokrayanews.com- Salah satu ciri orang cerdas yang paling umum diketahui adalah memiliki skor IQ yang tinggi. IQ atau Intelligence Quotient dalam bahasa Indonesia disebut kecerdasan intelektual.

Orang yang skornya di atas 140 dianggap punya IQ tinggi. Sementara orang yang skornya di atas 160 disebut jenius. Ternyata kecerdasan seseorang tidak hanya dilihat dari skor IQ.

Berikut enam ciri yang menunjukan kecerdasan yang kadang tanpa disadari:

1. Memiliki Rasa Ingin Tahu Tinggi

Tanda orang cerdas pertama yang sering terlihat adalah rasa ingin tahunya yang tinggi. Orang cerdas biasanya akan mengungkapkan rasa ingin tahunya dengan pertanyaan-pertanyaan. Mereka suka belajar tentang banyak hal.

Orang yang suka membaca buku juga mencerminkan sosok yang suka belajar dan punya rasa ingin tahu tinggi.

2. Berpikiran Terbuka

Berpikiran terbuka atau open minded juga jadi salah satu tanda orang cerdas. Orang cerdas bisa menerima pendapat dan pandangan orang lain. Mereka tidak akan memaksakan keinginan.

3. Pandai Bergaul

Orang yang cerdas juga mudah bergaul dan beradaptasi di lingkungan baru. Umumnya, mereka punya banyak teman. Selain itu, orang yang cerdas juga bisa mengatasi kesulitan di berbagai masalah yang dihadapi.

4. Suka Mengamati

Daripada banyak bicara dan berselisih paham dengan orang lain, orang yang cerdas biasanya cenderung lebih diam dan cermat dalam mengamati sesuatu.

Orang yang cerdas biasanya bisa menangkap hal yang dilewatkan oleh orang lain.

5. Penuh dengan Kasih dan Empati

Empati adalah bagian dari kecerdasan emosional yang berhubungan dengan tingkat IQ. Orang yang cerdas cenderung memiliki rasa empati dan penuh dengan kasih. Mereka bisa memahami apa yang dirasakan oleh orang lain.

6. Tahu Batas Kemampuan

Orang yang cerdas akan mengetahui batas kemampuan dirinya dan tidak akan bertindak seolah mengetahui segalanya. Kalau belum bisa melakukan atau belum tahu sesuatu mereka akan mengakuinya.

Kemudian mereka juga akan berpikiran secara terbuka dan belajar jauh lebih banyak dari orang lain.

Sumber:boboid

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed