6 Manfaat Mengonsumsi Buah Pepaya

Sebarkan :

 
Manfaat buah pepaya bagi kesehatan.

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan.

Depokrayanews.com- Buah pepaya kerap tak diistimewakan di meja makan. Padahal, selain bernutrisi dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Pepaya juga berkhasiat untuk pengobatan beberapa jenis penyakit. Berikut, beberapa manfaat pepaya, seperti dilansir laman Care2.

1. Mengobati masalah pencernaan.
Pepaya mengandung enzim papain yang membantu perut dalam mencerna protein, menurut sebuah studi di University of Illinois di Urbana-Champaign pada 2011. Pepaya juga digunakan untuk mengobati sejumlah masalah pencernaan seperti usus, gangguan pencernaan, sembelit dan diare.

2. Membantu mencegah kanker.
Pepaya merupakan sumber yang baik dari lycopene, yang membantu mengatasi prostat, paru-paru, pankreas, usus besar dan rektum, esofagus, rongga mulut, payudara, leher rahim dan kanker lambung.Ekstrak kering daun pepaya memiliki efek antikanker yang sangat sukses melawan tumor (kanker payudara, liver, paru-paru leher rahim dan pankreas).

3. Baik untuk kesehatan mata.
Lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid fitokimia, yang ditemukan dalam pepaya membantu menjaga penglihatan yang baik. Sebuah studi menemukan asupan lutein dan zeaxanthin membantu mencegah degenerasi makula.

4. Anti parasit.
Biji pepaya dan buahnya memiliki anti-parasit. Dalam sebuah penelitian, anak-anak yang memiliki parasit usus, diberi biji pepaya. Setelah tujuh hari, anak-anak tidak memiliki parasit.

5. Baik untuk kulit.
Pepaya kaya akan β-karoten dan likopen yang dikenal untuk menyesuaikan sifat kulit. Telah ditemukan bahwa mikro-nutrisi bisa membantu melindungi kulit terhadap sengatan matahari.Wanita yang tinggal di iklim tropis kerap menggunakan jus pepaya muda pada kulit mereka. Bahkan, pulp pepaya putih mentah ketika digosokkan pada kulit, bisa mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan kulit yang sehat. Juga bisa digunakan untuk sabun mandi, deterjen dan mencuci tangan.

6. Menurunkan risiko stroke.
Pepaya merupakan sumber yang baik dari lycopene, yang bisa menurunkan risiko stroke pada pria. Di Kosta Rika dan Meksiko, penduduk di sana menganggap pepaya sebagai ‘pohon kesehatan yang baik’.Selain itu, kulit dan batang pohon pepaya bisa digunakan dalam produksi tali.(fny/chi/jpnn)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

RS Rujukan Covid-19 Depok Penuh, Pasien Terpaksa Dikirim ke Cibinong Bogor

Depokrayanews.com- Dinas Kesehatan Kota Depok terpaksa mengirim pasien Covid-19 ke rumah sakit Cibinong, Kabupaten Bogor ...