600 WNI Eks ISIS akan Dipulangkan ke Indonesia

Sebarkan :

 

BNPT akan memulangkan 600 WNI eks ISIS ke Indonesia.

DepokRayanews.com- Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyebut Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan memulangkan 600 WNI eks ISIS dari Timur Tengah ke Indonesia. Sebagian besar WNI eks ISIS itu kini dalam keadaan terlantar.

Menanggapi kabar itu, Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra menyebut dari 600 WNI eks ISIS itu, ada 47 orang berstatus tahanan. Sementara sisanya merupakan pengungsi biasa. Karena itu, kata Asep, penting melakukan verifikasi dan profiling terhadap ratusan WNI eks ISIS tersebut sebelum dipulangkan ke Indonesia.

“Kalau di status 47 orang sebagai tahanan selebihnya refugees (pengungsi). Tentunya, ke depan profiling dan verifikasi jadi penting gimana status mereka, itu yang jelas eks ISIS,” kata Asep di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 3 Februari 2020.

Menurut Asep, Polri bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Agama, Kementerian Sosial di bawah Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan tengah melakukan kajian strategis terkait rencana pemulangan ratusan WNI eks ISIS ke Indonesia.

”Perlu adanya pengawasan selanjutnya jika ratusan WNI eks ISIS itu nantinya telah dipulangkan ke Indonesia. Kami juga tetap mengawasi gerak-gerik orang tersebut, jangan sampai beri pemahaman atau pemaparan pada orang lain,” kata dia. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pangdam Jaya Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada Depok

Depokrayanews.com- Panglima Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta (Pangdam Jaya) TNI AD, Mayjen TNI Dudung Abdurachman melakukan ...