by

664 Rumah Rusak di Kabupaten Bogor Akibat Gempa Sukabumi

Ratusan rumah rusak di Kabupaten Bogor akibat gempa Sukabumi.

Depokrayanews.com- Sebanyak 664 rumah dari tujuh desa di Kecamatan Pamijahan, di Kabupaten Bogor, rusak akibat gempa bumi yang melanda Sukabumi, pada Selasa 10 Maret 2020. Akibatnya, banyak warga terpaksa mengungsi di tenda-tenda darurat.

Data dari Kecamatan Pamijahan, menunjukan bahwa ada 474 rumah di Desa Purwabakti yang rusak, kemudian di Desa Cibunian 104 rumah, Desa Ciasmara 61 rumah, Desa Ciasihan 22 rumah, Desa Pasarean 1 rumah, Gunung Bunder I 1 rumah dan Desa Cibitung Kulon 1 rumah.

“Sebagian besar rumah mengalami rusak ringan, tapi ada juga yang rusak berat sampai rata dengan tanah itu di Cigarehong,” kata Camat Pamijahan Rosidin, ditemui di Desa Purwabakti, Rabu 11 Maret 2020.

Tak hanya rumah warga, gempa berkekuatan 5 SR itu membuat satu ruangan bangunan sekolah SD mengalami kerusakan. Beruntung ruangan tersebut tidak digunakan untuk kegiatan belajar siswa. “Temboknya ambrol ke belakang, dulu sekolah itu pernah jadi tempat pengungsian,” kata dia.

Rosidin menambahkan, ada pula beberapa warga yang rumahnya terdampak terpaksa mengungsi ke tenda darurat di tengah area persawahan. Mereka yang mengungsi khawatir tempat tinggalnya ambruk.

“Jumlah jiwanya masih didata, karena ada beberapa yang pulang. Alhamdulillah, dari semalam kita juga sudah kasih sembako untuk warga.Kita juga buka posko utama di Kantor Desa Purwabakti,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengimbau agar warga yang rumahnya masih layak dan aman ditempati bisa meninggalkan pengungsian. Namun jika masih bertahan, pihaknya akan menyiapkan tenda yang lebih layak dan kebutuhan lainnya.

“Hari ini mereka masih takut, tapi saya sarankan kalau sudah merasa aman kembali ke rumah. Kita juga siapkan tenda untuk yang masih merasa tidak aman dan tetap logistik terjaga,” kata Ade Yasin. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *