by

70.265 Siswa Ikut UN dan US di Kota Depok. Ini Jadwalnya

Pelaksanaan UN

DepokRayanews.com- Sebanyak 70.265 siswa SD, SMP, SMA dan SMK negeri dan swasta se Kota Depok akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada tahun ajaran 2019/2020 ini.

Dari jumlah itu, yang paling banyak adalah siswa SD. Yang akan mengikuti Ujian Sekolah (dulu ujian nasional) sebanyak 28.288 siswa dari 418 SD negeri dan swasta. Sedangkan untuk jenjang SMP, ada 21.270 siswa yang akan mengikuti UN dari 223 SMP negeri dan swasta.

Kemudian di jenjang SMA, jumlah peserta UN-nya ada 8.008 siswa dari total 63 SMA negeri dan swasta di Kota Depok. Dan pada pendidikan SMK, jumlah UN ada 12.699 siswa dari total 127 SMK penyelanggara UN.

Jadwal pelaksanan UN untuk SMK yakni pada 16 – 19 Maret 2020. Mata pelajaran yang akan diujikan adalah bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan teori kejuruan.

Untuk jenjang SMA, pelaksanaan UN pada 30 Maret – 2 April 2020 dengan mata pelajaran, bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan yang diujikan.

Sedangkan untuk jenjang SMP, pelaksanaan UN pada 20 – 23 April 2020, dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan ilmu pengetahuan alam.

Terakhir untuk jenjang SD, pelaksanaan US pada 3-5 Mei 2020. Ada perubahan untuk mata pelajaran lantaran sudah tidak adanya UN di jenjang SD. Dengan penerapan US, semua mata pelajaran menjadi materi US yakni 9 mata pelajaran yakni matematika, Bahasa Indonesia, PKN, IPA, IPS, Bahasa Sunda, Seni Budaya Keterampilan (SBK), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesenian (PJOK), dan Pendidikan Agama.

Berbagai persiapan sudah dilakukan seperti di jenjang SMP, yang mengadakan simulasi pelaksanaan UN berbasis komputer (UNBK).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, berbagai upaya sudah dilakukan untuk persiapan pelaksanaan UN dan US, terutama pelaksanaan Total ada 70.265 siswa Kota Depok yang akan menjalani Ujian Nasional (UN) di tahun pelajaran 2019/2020. Itu adalah komulatif peserta UN dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK di Kota Depok.

Rincian untuk data angka tersebut, pada jenjang SD ada perubahan nama, yang sebelumnya UN, kini menjadi Ujian Sekolah (US) dengan jumlah pesertanya adalah 28.288 siswa dari 418 SD yang jadi penyelenggaran US. Sedangkan di jenjang pendidikan SMP ada 21.270 siswa yang menjadi peserta UN dari total 223 SMP penyelenggaran UN.

Lalu di jenjang SMA, jumlah peserta UN-nya ada 8.008 siswa dari total 63 SMA di Kota Depok. Terakhir di jenjang pendidikan SMK, untuk jumlah peserta UN ada 12.699 siswa dari total 127 SMK penyelanggara UN.

Sedangkan untuk urutan pelaksanaan UN-nya, jenjang pendidikan yang pertama melaksanakan UN adalah jenjang SMK, yakni pada 16 – 19 Maret 2020. Lalu mata pelajaran yang akan diujikan adalah bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan teori kejuruan.

Lanjut ke jenjang SMA, yakni pada 30 Maret – 2 April 2020 dengan mata pelajaran yang akan diujikan adalah, bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan yang diujikan.

Setelah itu untuk jenjang SMP, yakni pada 20 – 23 April 2020, dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan ilmu pengetahuan alam.

Kemudian jenjang SD, US-nya akan dilaksanakan pada 3-5 Mei 2020. Ada perubahan untuk mata pelajaran lantaran sudah tidak adanya UN di jenjang SD. Dengan penerapan US, maka semua mata pelajaran dimasukan, jadi ada total sembilan mata pelajaran. Diantaranya matematika, bahasa Indonesia, PKN, IPA, IPS, bahasa Sunda, Seni Budaya Ketrampilan (SBK), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesenian (PJOK), serta Pendidikan Agama.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk simulasi pelaksanaan UN berbasis komputer (UNBK). Simulasi penting untuk mengetahui kesiapan sekolah dari segi sarana prasarana serta kemampuan siswa.

“Tidak hanya itu saja, ada juga try out untuk melatih mental siswa serta melihat sejauh mana materi ilmu pengetahuan yang sudah dikuasai. Jadi, bisa bahan evaluasi sekolah juga,” kata Thamrin di Depok, Rabu 4 Maret 2020.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Depok, Rahmat Muhammad mengatakan pihaknya sudah melakukan hal-hal yang memperkaya siswa untuk siap menjalani UN nanti. Seperti mengadakan pendalaman materi dengan jam tambahan. Pada semester kedua, siswa kelas XII materinya sudah terfokuskan pada mata pelajaran yang di-UN-kan.

“Selain persiapan dalam penguasaan materi, mental juga dengan menggelar doa bersama dengan seluruh siswa kelas XII dan guru,” kata Rahmat. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed