by

70 Persen Orang Indonesia Tidak Sadar Mengidap Penyakit Diabetes

Depokrayanews.com- Dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik diabetes dari Universitas Indonesia Prof Dr dr Pradana Soewondo menyebut di Indonesia ada sekitar 19 juta orang menderita penyakit diabetes.

Tapi sekitar 70 persen , diantaranya, tidak sadar bahwa dirinya sedang mengidap penyakit diabetes.

“(Pengidapnya) Cukup banyak, tapi masalahnya 70 persen orang belum tahu bahwa dirinya mengidap diabetes,” katanya dalam siminar tentang diabetes yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin 13 November 2023.

Pradana menilai hal ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih besar di masyarakat. Sebab, diabetes merupakan penyakit yang berisiko menyebabkan komplikasi dengan penyakit lainnya.

“Padahal, diabetes bisa dicegah dan komplikasinya bisa dicegah pula. Ini jadi satu kesempatan kalau kita bisa mengetahui dari awal, kita bisa mencegah kompliakasi, dan bisa menghindari konsekuensi yang bisa mengganggu kualitas hidup kita di kemudian hari,” katanya.

Karena itu, Pradana menganjurkan agar masyarakat melakukan deteksi dini terhadap penyakit diabetes. Dengan begitu, masyarakat dapat mencegah terjadinya komplikasi penyakit lainnya sejak dini pula. (antara)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *