by

77 Perwira Tinggi Polri Dapat Kenaikan Pangkat, Boy Rafli dan Rycko Jadi Komjen

Kapolri Jenderal Idham Azis

Depokrayanews.com- Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin upacara korps raport atau kenaikan pangkat terhadap 77 perwira tinggi (pati) Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu 20 Mei 2020. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri, Brigjen Awi Setiyono mengatakan, dalam korps raport ini setidaknya ada tiga pati Polri yang tadinya berpangkat Irjen dinaikkan menjadi Komjen atau bintang tiga.

“Dalam korps raport kali ini, ada tiga kenaikan dari Irjen ke Komjen, di antaranya Komjen Boy Rafli Amar sebagai kepala BNPT, Komjen Andap Budi Revianto selaku inspektur jenderal Kemenkumham, dan Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai kepala Baintelkam Polri,” kata Awi.

Sementara ada 26 personel Korps Bhayangkara yang dinaikkan pangkatnya dari Brigjen ke Irjen. Mereka adalah Assisten SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan, Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, dan Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Wahyudi Hidayat.

Kadensus 88 Polri Irjen Marthinus Hukom, Gubernur Akpol Irjen M. Asep Syahrudin, serta 10 kapolda, meliputi Kalimantan Utara, Bengkulu, Gorontalo, Bangka Belitung, Maluku Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tenggara, serta 16 jabatan Irjen lainnya di struktur internal Polri.

Untuk kenaikan pangkat dari jabatan Kombes ke Brigjen ada 48 personel, di antaranya Karo Binkar SSDM Polri Brigjen Suwondo Nainggolan, Direktur Tindak Pidana Khusus Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika, dan Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Muharrom Riyadi. Awi juga termasuk yang mendapat promosi dari Kombes menjadi Brigjen setelah dipromosikan sebagai kepala Biro Penmas Divisi Humas Polri.

Awi menambahkan, acara kenaikan pangkat itu hanya dihadiri oleh pati Polri yang berdinas di DKI Jakarta. Sementara mereka yang di daerah akan mengikuti upacara secara virtual mengingat saat ini terjadi pandemi Covid-19. “Yang hadir upacara, hanya pejabat yang dinas di Jakarta, sementara yang berdinas di luar Jakarta mengikuti upacara secara virtual di tempat masing-masing,” ujar Awi.

Pelantikan para jenderal itu, kata Awi, dilaksanakan dengan memperhatikan standar protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah, yakni dengan menjaga jarak aman atau physical distancing. “Pelaksanaan upacara tetap menerapkan physical distancing dan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran Pemerintah,” kata Awi. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *