by

8 Dosa Istri Terhadap Suami yang Wajib Diketahui

Depokrayanews.com- Sebagai pasangan suami istri yang setiap waktu selalu bersama, terkadang tanpa disadari sikap atau perkataan kita ternyata menyakiti hati pasangan kita.

Apalagi sebagai seorang istri ada banyak aturan-aturan dalam Islam yang tidak boleh dilakukan oleh istri terhadap suaminya.

Namun sebagai manusia biasa terkadang istri sering khilaf dan melanggar aturan tersebut.

Biasanya hal ini dilatar belakangi oleh emosi sesaat yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Inilah 8 dosa istri terhadap suami yang wajib diketahui:

1. Tidak taat pada suami

Ketika seorang wanita menjadi istri maka ia harus taat sepenuhnya pada suami, karena bagaimanapun surga wanita yang sudah menikah ada pada suaminya.

Seorang istri juga harus patut secara totalitas dengan ajaran ataupun perkataan suami yang baik.

Hal ini berarti jika suami meminta istri melakukan ini ataupun itu, istri wajib menuurutinya selama hal itu tidak bertentangan dengan perintah Allah SWT dan jika istri membangkang maka itu adalah dosa besar baginya.

2.Membicarakan kekurangan/aib suami kepada orang lain

Hal ini harus dijauhi karena jika terus menerus dilakukan maka ini bisa menjadi salah satu penyebab berkurangnya keharmonisan dalam berumah tangga.

Bahkan bisa jadi pemicu keretakan rumah tangga dan tentu saja ini menjadi dosa besar untuk istri yang telah melakukan perbuatan tersebut.

3. Menolak ajakan suami ditempat tidur

Selama tidak ada udzur syar’i yang menghalangi maka istri untuk melayani suaminya, maka wajib bagi seorang istri untuk memenuhi permintaan dari suaminya tersebut.

Namun jika seorang istri menolak tanpa alasan maka bersiap-siaplah mendapat kutukan dari para malaikat sampai pagi.

4. Cemburu Buta berlebihan

Cemburu merupakan hal yang sangat wajar dirasakan oleh seorang istri, namun cemburu juga harus secara wajar dan sesuai koridor syar’i.

Akan tetapi jika kecemburuan yang dirasakan oleh istri terlalu berlebihan maka sebaiknya berhati-hatilah.

Karena bila sifat itu terpelihara secara terus menerus, hatinya akan dipenuhi buruk sangka dan menjadi awal mula pertengkaran yang lebih besar.

5. Keluar rumah tanpa meminta izin suami

Jika seorang istri hendak pergi karena sedang ada keperluan yang sangat penting ataupun hanya pergi kepasar untuk membelu sayur namun sang suami tidak berada dirumah.

Maka wajib bagi istri untuk meminta izin terlebih dahulu kepada sang suami dan apabila hal ini dilanggar maka itu merupakan perbuatan yang dosa.

6. Berhias bukan untuk suami

Biasanya istri selalu tampil apa adanya didepan suami saat dirumah namun saar bepergian keluar rumah barulah istri berhias dan tampil memukau.

Hal ini sering dilakukan oleh para istri dan kebiasaan satu ini harus segera dihentikan sebab itu termasuk perbuatan dosa, karena bisa menjadi fitnah bagi kaum laki-laki.

7. Tidak menghormati keluarga suami

Wanita yang tidak menghormati mertuanya ataupun anggota keluarga suaminya yang lain bukanlah wanita yang baik.

8. Tidak bersyukur atas nafkah yang diberikan suami

Alangkah lebih baik jika seorang istri tidak mengeluh atas apa yang diberikan oleh suaminya meskipun dalam jumlah yang tak seberapa.

Daripada mengeluh sebaiknya mengelola nafkah tersebut dengan baik, selain itu mengoreksi kehidupan rumah tangga juga sangatlah penting.

Sebab mungkin saja ada dosa tanpa sengaja yang diperbuat yang akhirnya membuat rezekinya tertahan.

Segala hal yang akan dilakukan memang harus dipikirkan terlebih dahulu apa dampak yang akan diterimanya, karena hal yang biasa dianggap sepele justru menjadi ladang dosa.

Sumber:parentingasyik

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *