by

8 Menteri Jokowi dengan Kinerja Terbaik Menurut Persepsi Publik

DEPOKRAYANEWS.COM- Indikator Politik Indonesia melakukan survei terhadap kinerja menteri-menteri Presiden Jokowi. Hasil surveinya, ternyata ada 8 menteri yang memiliki kineja terbaik menurut persepsi publik. Siapa saja ?

”Ada delapan menteri yang dianggap baik kinerjanya dan mereka menjadi top of main di mata publik,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam pemaparan hasil surveinya, Selasa 26 April 2022.

Menurut Burhanuddin, top of main yang bisa menyebut spontan, seperti nama Bu Tri Rismaharini 8,5 persen, kemudian ada nama Bu Sri Mulyani di 7,8 persen. Dua menteri wanita terbaik di atas. Disusul Pak Prabowo Subianto 7,2 persen dan Pak Erik Thohir di 6,5 persen.

“Pak Prabowo ada di peringkat ketiga, namun secara statistik sebenarnya tidak berbeda. Dan Pak Erik Thohir di peringkat keempat,” kata dia.

Hal ini, menurut dia, dikarenakan perbedaan peringkat secara statistik tidak berbeda antara peringkat pertama kedua ketiga keempat kelima bahkan keenam. Itu karena selisih margin of error 2,9 persen plus minus.

Kalau dibaca secara absolut peringkat kelima, cukup berbeda yang baru disusul nama menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Uno 6,3 persen. Kemudian Menteri Pendidikan Nadiem Makarim di 4,6 persen, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di 3,8 persen dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di 2,6 persen.

Menurut Burhanuddin, survei Indikator bertujuan untuk memotret kepuasan publik terhadap pemerintahan Joko Widodo dan kabinetnya. Sejumlah aspek juga diukur, antara lain ekonomi, politik, keamanan, dan hukum.

Dalam hal isu, survei Indikator menanyakan evaluasi publik terhadap berbagai isu yang sedang menjadi perbincangan antara lain kenaikan harga dan kelangkaan minyak goreng serta bahan bakar minyak.

8 Menteri dengan Kinerja Terbaik Menurut Persepsi Publik:

1. Tri Rismaharini 8,5 persen.
2. Sri Mulyani 7,8 persen.
3. Prabowo Subianto 7,2 persen
4. Erik Thohir 6,5 persen.
5. Sandiaga Uno 6,3 persen
6. Nadiem Makarim 4,6 persen
7. Gunadi Sadikin 3,8 persen
8. Basuki Hadimuljono 2,6 persen
(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *