by

80.000 Kendaraan Melintas di Jalan Tol Trans Sumatera

pokrayanews.com–PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 80.978 kendaraan melintas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada hari pertama libur Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto mengungkapkan Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) kendaraan yang melintas naik hingga 40 persen dibanding kondisi normal.

“Jumlah LHR di momen Natal-Tahun Baru ini mengalami kenaikan 22.987 kendaraan dari 57.991 kendaraan LHR normal sebelum Natal-Tahun Baru, menjadi 80.978 kendaraan,” kata Suroto di Jakarta.

Suroto menerangkan angka tersebut merupakan akumulasi LHR kendaraan yang masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, GT Terbanggi Besar di ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, GT Palembang di ruas Palembang – Indralaya, GT Pekanbaru di ruas Pekanbaru – Dumai, dan GT Blang Bintang di ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 4 pada hari Rabu (23/12).

Adapun ruas tol di JTTS yang menyumbang LHR tertinggi yakni Tol Bakter dengan jumlah LHR sebanyak 39.174 kendaraan

Apabila dibandingkan dengan momen yang sama pada tahun lalu, LHR di seluruh ruas tol Hutama Karya, khususnya JTTS, menurun. Tahun ini, perusahaan juga telah mengoperasikan 2 ruas tol baru di Aceh dan Riau.

“Kami melihat puncak kendaraan yang melintas adalah hari Kamis 24 Desember 2020 pukul 12.00 tadi mengingat ini merupakan hari libur pertama di momen Natal-Tahun Baru,” ujarnya.

Untuk itu, perusahaan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Medan – Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia – Marelan – Helvetia) Segmen Tanjung Mulia – Marelan sepanjang 4,2 km pada hari Rabu (23/12) dan ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 3 (Jantho – Indrapuri) sepanjang 16 km pada Kamis (24/12) tanpa pengenaan tarif.

Perusahaan mendukung arahan pemerintah untuk tetap di rumah saja. Namun, perusahaan tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan optimal dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol yang tetap harus berpergian.

Operasional kedua tol tersebut sesuai  arahan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melalui Surat Terkait Pelaksanaan Jalur Fungsional Jalan Tol pada Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Lebih lanjut, kedua jalur fungsional tersebut akan dibuka sampai dengan Senin (4/1) pukul 18.00 WIB dengan masa operasional 24 jam pada ruas Medan – Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia – Marelan – Helvetia) dan masa operasional 12 jam pada ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 3 (Jantho – Indrapuri) dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Kendati belum dikenakan tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik untuk dapat melintas di Seksi 3 (Jantho – Indrapuri).

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengecek kartu uang elektroniknya terlebih dahulu sebelum melintas,” katanya. (antara)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *