by

80 Orang Warga Perumahan Bukit Rivaria Sawangan Terpapar Covid-19

Depokrayanews.com- Kasus Covid-19 di Perumahan Bukit Rivaria, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan Kota Depok makin mengkhawatirkan. Dalam satu pekan, tercatat sudah 80 orang yang terpapar Covid-19 dan 1 orang meninggal dunia.

Para Ketua Rukun Warga (RW) di Perumahan Bukit Rivaria sepakat untuk melakukan semi lockdown. Artinya, selain warga Perumahan Bukit Rivaria dilarang masuk, termasuk pedagang, ojek online maupun pengiriman paket. Kemudian semua warga yang masuk ke dalam kawasan komplek diwajibkan cek suhu dan mencuci tangan di pos satuan pengamanan (Satpam) masing-masing sektor. Perumahan Bukit Rivaria terdiri dari 5 sektor dan 4 RW.

Iwan Darmawan, Ketua RW 11 menyebutkan kawasan semi lockdown diberlakukan sejak Rabu 23 Juni 2021. ”Selain warga perumahan, tidak boleh masuk. Pengiriman barang, atau ojek online hanya sampai di Pos Satpam. Semua warga yang mau masuk harus dicek suhu dan mencuci tangan,” kata Iwan Darmawan, Kamis 24 Juni 2021.

Langkah tegas itu terpaksa diambil untuk mengantisipasi meledaknya kasus Covid-19 di Perumahan Bukit Rivaria. ”Jumlah kasus Covid-19 di Bukit Rivaria meningkat tajam dibanding tahun lalu,” kata dia.

Data yang diperoleh depokrayanews.com menyebutkan, di RW 11 saja, sampai Kamis 24 Juni tercatat 44 orang positif Covid-19 dan meninggal 1 orang. Kemudian di RW 10, tercatat ada 23 orang. Di RW 13 sebanyak 11 orang dan di RW 12 sebanyak 2 orang sehingga total 80 orang.

Sebagian besar, yang positif menjalani isolasi mandiri di rumah, di Wisma Atlet, dan Makara UI. Ada beberapa orang yang dirawat di RSUD Kota Depok. Bagi yang menjalani isolasi mandiri di rumah, mendapat pasokan makanan dari warga setempat secara gotong royong.

Untuk mengantisipasi penyebaran supaya tidak meluas lagi, beberapa langkah sudah dilakukan di Perumahan Bukit Rivaria:

1. Seluruh sektor (5 sektor) dinyatakan semi lockdown. Orang luar tidak boleh masuk. Ojek online dan kiriman paket hanya sampai pos satpam. Ketentuan itu berlaku sejak Rabu 23 Juni 2021.

2. Warga yang keluar masuk wajib cek suhu dan cuci tangan di pos satpam.

3. Bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada Kamis 24 Juni 2021.

4. Bekerjasama dengan Koramil dan Polsek Sawangan melakukan rapid tes antigen massal secarà gratis terhadap 200 orang warga selama dua hari.

5. Dilakukan rapat koordinasi perwakilan RT RW dan Forum Komunikasi Warga Rivaria (FKWR) dengan Kepala UPT Puskesmas Pengasinan, dr Ratih secara online atau zoom meeting untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah meledaknya kasus covid di Bukit Rivaria. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed