by

Agakhan Thohir, Sosok Muda Penerus Erick Thohir

Depokrayanews.com- Ketika terjadi perombakan di jajaran komisaris dan direksi PT Persis Solo Saestu (PSS), manajemen Persis Solo, ada beberapa nama baru yang cukup mengagetkan.

Selain nama Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), ada satu lagi anak muda namanya Mahendra Agakhan Thohir atau Aga Thohir.

Dari belakang namanya, bisa ditebak bahwa aga Thohir adalah berasal dari keluarga besar Teddy Thohir, mantan petinggi PT Astra International bersama William Suryajaya. Teddy Thohir adalah ayah Erick Thohir yang kini menjadi Menteri BUMN.

Sementara Aga adalah putra sulung Erick Tohir.
Aga akhir pekan lalu dilantik menjadi Presiden Komisaris PT Persis Solo Saestu (PT PSS).

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT PSS di Hotel Atila, Solo, Sabtu 20 Maret 2021.

Aga bersanding dengan Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang duduk sebagai Direktur Utama PT PSS.

Rupanya Solo merupakan kota bersejarah bagi keluarga Teddy Thohir. Kenapa ?

“Aga mau mengikuti jejak ayah saya yang memulai perjuangan dari Solo. Solo adalah kota pertama ayah saya berjuang terpisah dari keluarga untuk sekolah,” kata Erick dalam keterangannya, Selasa 23 Maret 2021.

Sosok Aga Thohir:

Pada akun Instagramnya, Aga Thohir menuliskan biodata sebagai social-enterpreneur. Berdasarkan profil LinkedIn Aga, dia mengambil pendidikan di Loyola Marymount University Amerika Serikat sebagai Sarjana Administrasi Bisnis. Dia menempuh pendidikan itu selama2018-2022.

Di saat menempuh pendidikan sarjana, dia juga sudah aktif magang di perusahaan. Pada Juni 2019-Juli 2019, dia magang di Net Mediatama Televisi sebagai analis data.

Kemudian dia magang sebagai Analis Investasi di Skystar Capital selama 2 bulan pada Juli 2019-Agustus 2019.

Aga juga sempat magang sebagai Analis Investasi di Northstar Group pada Juni 2020-Agustus 2020.

Sejak Maret 2020 hingga saat ini dia menjabat sebagai Chairman Of The Board NKRI Youth.

NKRI Youth adalah organisasi nirlaba yang berfungsi sebagai saluran, platform, dan penguat bagi pemuda Indonesia untuk berjuang demi perubahan nyata melalui penelitian intensif, konten kreatif, dan sosialisasi kepada masyarakat.

Aga Thohir juga menjabat sebagai Co-Founder & Chief Investment Officer IndoAgro per Agustus 2019 hingga saat ini.

Bisnis tersebut memberikan solusi teknologi pertanian perintis di Indonesia. Selain itu, dia juga bekerja sebagai Analis Investasi di Kinesys Group per Oktober 2020.

Dalam acara perkenalan manajemen Persis Solo yang baru di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu 20 Maret 2021 lalu, Aga Thohir tampil di panggung bersama Kaesang Pangarep.

Aga Thohir menyampaikan komitmennya membantu mengelola klub sepak bola Persis Solo dengan baik.

Dia berkomitmen, membawa tim lokal menjadi juara Nasional. “Saya ingin membantu mempersiapkan industri olahraga di Indonesia,” kata Aga Thohir

Aga menegaskan bahwa ia ingin mengikuti perjalan hidup dan jejak kakeknya yang pernah merantau ke Solo saat SMA.

“Almarhum kakek saya, Mohammad Thohir merantau dari Lampung ke Solo saat SMEA, dulu sebutanya SMEA bukan SMA,” kata dia. (red/mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *