Airlangga Sindir Anies Baswedan soal Keterbatasan Fasilitas Kesehatan

Sebarkan :

 

Airlangga Hartarto

Depokrayanewscom-  Ketua Komite Penanganan Covid-19 Airlangga Hartarto mengklarifikasi pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait soal terbatasnya tempat tidur di rumah sakit.

“Pemerintah menegaskan bahwa tidak ada kapasitas kesehatan yang terbatas karena pemerintah mempunyai dana yang cukup dan pemerintah akan terus menambah kapasitas bed sesuai dengan kebutuhan,” kata Airlangga dalam konferensi persnya, Kamis 10 September 2020.

“Kita meyakinkan bahwa seluruh daerah termasuk DKI Jakarta fasilitas kesehatan akan terus dimaksimalkan oleh pemerintah.” lanjut Airlangga.

Airlangga juga menegaskan pemerintah pusat memberikan perhatian soal Rumah Sakit dan akan selalu tingkatkan kapasitas termasuk jumlah bed atau tempat tidur.

“Peningkatan RS dan fasilitas kesehatan akan terus tambah. Fasilitas di hotel dan memanfaatkan hotel bintang II dan III seperti di Sulsel, dan disiapkan isolasi wisma atlet. Disiapkan di tower 5,6 dan khusus pekerja dari luar negeri di tower 7 dan 8.” kata dia.

Menurut Airlangga, pemerintah mendorong RS di DKI untuk dilakukan relaksasi pasien yang posisi sudah hampir sembuh dan dalam tahap observasi di wisma atlet.

Sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta memprediksi bahwa rumah sakit akan penuh dengan pasien Covid-19 pada 17 September mendatang bila pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total tak dilakukan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan saat ini ada 4.053 tempat tidur isolasi Covid-19 yang tersebar di 67 rumah sakit rujukan Covid-19.

“Hingga hari ini sudah terisi 77% dari total kapasitas tempat tidur isolasi,” ujarnya dalam konferensi pers, Rabu 9 September 2020.

Menurutnya, bila PSBB total tak diterapkan maka pada tanggal 17 September seluruh tempat tidur tersebut akan terisi pasien.

Begitu pula dengan ketersediaan ICU yang saat ini berjumlah 528 tempat tidur hanya cukup sampai 15 September mendatang, bila PSBB total tak diberlakukan. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Angka Kesembuhan Covid di Indonesia Terus Meningkat

Depokrayanews.com- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, jumlah kasus kesembuhan secara nasional mengalami ...