by

Alhamdulillah, 111 Pasien Positif Corona di RSUD Depok Sudah Sembuh

Direktur RSUD Depok, dr Devi Mayori, SKM

Depokrayanews.com- Alhamdulillah, 111 pasien positif virus Corona atau Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok sudah dinyatakan sembuh.

Direktur RSUD Depok, Devi Maryori mengatakan, semua pasien sembuh tersebut sudah melewati tes swab dua kali berturut-turut dengan hasil negatif. Serta sudah tidak ada gejala klinis yang dirasakan oleh pasien.

“Pasien dinyatakan sembuh Covid-19 jika sudah swab negatif dua kali berturut-turut baru dipulangkan dan tidak ada gejala klinis lagi,” kata Devi kepada wartawan, Jumat 29 Mei 2020

Menurut Devi, RSUD Depok merawat pasien Covid-19 sesuai dengan protokol dan standar yang sudah ditetapkan. Dimulai dari sejak pasien dinyatakan suspect Covid-19 kemudian dilakukan skrining dengan rapid test. Selanjutnya dilakukan penyelidikan epidemiologis dan hasilnya dilaporkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

”Apabila hasil rapid reaktif, akan diikuti dengan pemeriksaan swab. Umumnya pasien yang datang ke RSUD Depok dengan keluhan ringan hingga sedang, sehingga tata laksana terapi Covid-19 yang berdasarkan gejala klinis. Misal pasien memiliki batuk, pilek, panas, atau sakit kepala, hingga sesak napas atau gejala lain yang dirasa. Kami pun memberi obat sesuai dengan gejala mereka. Selain obat Covid-19 sendiri,” kata Devi.

Selain 111 pasien dinyatakan sembuh sejak tanggal 3 Maret hingga 28 Mei 2020, RSUD Depok juga merujuk enam pasien Covid-19, dan ada empat pasien meninggal dunia. Kini RSUD Depok sedang merawat 36 pasien Covid-19.

“Pasien Covid-19 juga kami lakukan pemeriksaan secara berkala, baik pengecekan laboratorium, rontgen. Diiringi dengan melihat perkembangan terapinya, jika semakin baik akan dilakukan pemeriksaan swab hingga dinyatakan sembuh dan boleh pulang,” kata mantan Sekretaris Dinas Sosial itu. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *