by

Alhamdulillah Pemkot Depok Izinkan Shalat Jumat di Masjid

Shalat Jumat di Masjid

Depokrayanews.com- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Depok dipastikan akan berakhir Kamis 4 Juni 2020. Apakah Kota Depok akan langsung memberlakukan New Normal ? Ternyata belum.

”Karena Kota Depok masih masuk kategori 3 atau zona kuning, maka Depok belum bisa menerapkan New Normal secara utuh,” kata Walikota Depok, Mohammad Idris saat memantau persiapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Masjid Baiturrahman, Jalan Tole Iskandar, Kota Depok, Rabu 3 Juni 2020.

Untuk sementara Kota Depok akan menerapkan Pembatasan Sosial Kampung Siaga (PSKS) tingkat RW. Dengan PSKS, Pemerintah Kota Depok mulai mempersiapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB) pengganti new normal.

“Sesuai arahan pusat, setelah 4 Juni Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) akan menerapkan PSBB proporsional, kalau di Kota Depok disebut PSKS,” kata Idris.

Menurut Idris, selama PSKS beberapa aktifitas publik sudah diperbolehkan, termasuk beribadah berjamaan di masjid dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19.

“Seluruh masjid sudah diperbolehkan melaksanakan solat subuh dan solat Jumat berjamaah mulai Jumat 5 Juni 200 hingga evaluasi 14 hari ke depan. Karena Kamis 4 Juni pukul 24:00 WIB, PSBB inkubasi ke empat sudah berakhir, ” kata Idris.

“Kami minta shalat berjamaah di masjid ini hanya diperuntukkan untuk warga setempat. Orang luar ngga boleh, makanya kami mohon kepada pengurus masjid mengawasi hal ini,” kata Idris.

Sesuai arahan WHO, jarak shalat berjamaah minimal 2 meter. Namun untuk Kota Depok akan diberi jarak 1-1,5 meter antar jamaah yang satu dengan yang lain.

“Selain itu sebelum masuk mesjid jamaah harus diukur suhu tubuhnya. Dan jangan membawa anak dibawah umur 12 tahun dan orangtua usia rentan,” kata Idris.

Berikut protokol kesehatan shalat berjamaah di masjid:

1. Menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar masjid.

2. Menggunakan masker bagi pengurus maupun jamaah

3. Membawa sajadah sendiri

4. Diusahakan sudah berwudhu dari rumah

5. Tidak berjabat tangan dan berpelukan

6. Menjaga jarak

7. Bagi yang kurang sehat silahkan shalat dirumah saja.

(ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *