by

Angka Kematian Covid-19 pada anak di Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

Depokrayanews.com- Angka kematian Covid-19 pada anak di Indonesia tercatat yang tertinggi di Asia Tenggara. Angkanya yang sebesar 1,7 persen bahkan melampaui Cina–negara pertama alami endemi Covid-19–dan Amerika Serikat yang kini menyumbang jumlah kasus dan angka kematiannya yang terbesar.

Di antara tingginya kasus kematian pada anak tersebut, para dokter mengamati gangguan gizi dan diare menjadi penyakit penyerta atau komorbid terbanyak. Selain itu pneumonia dan demam berdarah.

“Di Indonesia, komorbid pada anak ada kekhasan dibanding negara lain,” kata Ketua Umum PB IDI, Daeng M. Faqih, dalam keterangan yang dibagikannya daring bertema “Peduli Gizi Anak Selama Pandemi”, Kamis 25 Maret 2021.

Faqih menyarankan, para orang tua memastikan asupan makanan anak-anaknya mengandung zat gizi seimbang. Tujuannya, anak jangan sampai mengalami diare sekaligus kebutuhan zat gizinya terjaga di tengah masa pandemi sekarang ini.

“Supaya nutrisi terserap dengan baik, keseimbangan mikroorganisme dalam usus, probiotik penting ada dalam makanan,” katanya menambahkan.

Head of Medical KALBE Nutritionals Muliaman Mansyur mengatakan, nutrisi tambahan yang tepat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak bisa berupa susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Itu, kata dia, untuk mendukung saluran pencernaan yang lebih sehat, agar bakteri baik yang ada di dalamnya bisa membentuk daya tahan tubuh yang lebih optimal.

“Serat pangan inulin adalah salah satu jenis prebiotik yang tinggi serat dan rendah kalori serta dapat menjadi pilihan nutrisi yang bermanfaat bagi saluran pencernaan anak,” katanya sambil menambahkan, “Saluran pencernaan sering disebut sebagai otak kedua manusia.”

Selain pola makan seimbang, Faqih mengingatkan pula pentingnya kombinasi dengan pola hidup bersih sehat. Dia merujuk kepada kebiasaan cuci tangan pakai sabun, menghindari keramaian, memakai masker, tidur cukup, tetap beraktivitas fisik, serta stres rendah.

Kombinasi itu disebutnya paling efektif membantu tubuh melawan infeksi virus dan penyakit, termasuk virus corona Covid-19 pada anak. “Hal ini sama pentingnya untuk orang dewasa maupun anak-anak, apalagi dalam situasi saat ini,” katanya. (antara)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *